10 Jembatan Terpanjang di Dunia

  • Bagikan
10 Jembatan Terpanjang di Dunia
 10 Jembatan Terpanjang di Dunia  Jembatan merupakan struktur bangunan yang menghubungkan dua buah daerah yang biasanya melintasi sungai, danau, laut bahkan jurang yang dalam. Sementara menurut Wikipedia, dikutip Minggu, (5/05/2020), Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api, ataupun jalan raya.
    Di dunia ini terdapat beberapa jembatan yang memiliki panjang yang fantastis, nah berikut kami akan memaparkan 10 Jembatan terpanjang du Dunia versi Pudji’s Info.

10 Jembatan Terpanjang di Dunia

1. Danyang-Kunshan Grand Bridge

Danyang-Kunshan Grand Bridge
 
    Danyang-Kunshan Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia yakni mencapai sepanjang 164,8 Kilometer (102,4 Mil). Jembatan yang berada di Negara Tiongkok ini memegang rekor Guinness Book of World Records sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini terletak di jalur rel antara Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu China Timur dengan melintasi sungai Yangtze. Jembatan ini di bangun pada tahun 2006 dan baru selesai pada 15 November 2010 dan dibuka untuk umum pada tahun 2011 dengan memperkejakan sekitar 10.000 tenaga pekerja dengan memakan anggaran yang sangat fantastis yakni $8.5 M. Jika di rupiahkan pada kurs hari ini 5 April 2020 jam 19.40 ( $1= 16.385,93) 139.280.405.000.000. Angka yang sangat fantastis bukan ? (note: angka ini bisa berubah kapan saja tergantung nilai tukar rupiah saat anda menghitungnya).
 

2.Tianjin Grand Bridge

Tianjin Grand Bridge - Wikipedia
 
    Lagi-lagi masih di Negara Tirai bambu, China. Jembatan terpanjang di dunia kedua ini memiliki panjang total sekitar 113.700m atau 113,3 Km (70,6 Mil). Dengan panjang segini jembatan ini berhasil masuk ke dalam Guiness Book of World Records sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia. Tianjin Grand Bridge adalah jembatan kereta api, jembatan ini membentang  antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing-Shanghai yang di lalui oleh kereta api berkecepatan tinggi. Tianjin Grand Bridge ini selesai di bangun pada tahun 2010 dan dibuka pada tahun 2011.
 

3. Weinan Weihe Grand Bridge

Weinan Weihe Grand Bridge | Vacation inspiration
 
 
 
 
    Weinan Weihe Grand Bridge merupakan suatu jembatan yang memiliki panjang 79.732 Meter atau 79,7 km (49,5 Mil). Jembatan ini menghubungkan Zhengzhou dan Xi’an yang merupakan jembatan rel kereta api. Jembatan ini dibangun pada tahun 2008 dan baru selesai pada 6 Februari 2010.
 
4.Bang Na Expressway

 

    Jembatan yang berada di Negara Thailand ini pernah menyabet gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia sampai pada tahun 2010. Sesuai dengan namanya jembatan ini merupakan jalan laying yang memiliki 6 jalur yang terbentang dari Bang Na hingga Trat. Jembatan yang memiliki panjang 55 Km ini di bangun pada tahun 2995 dan baru selesai pada tahun 2000. Dengan biaya pembangunan yang mencapai angka 1M US$
 

5. Beijing Grand Bridge

 

 

    Merupakan salah satu jembatan terpanjang didunia yang memiliki panjang 48,153Km (29,921 Mil). Jembatan ini merupakan jembatan kereta api cepat yang menghubungkan Beijing-Shanghai. Jembatan ini selesai pembangunannya pada tahun 2010 dan di buka untuk umum pada tahun 2011
 

6. Lake Pontchartrain Causeway

 

 

Jembatan terpanjang berikutnya adalah jembatan yang beranama The Lake Pontchartrain Causeway, jembatan ini kadang-kadang hanya dipanggil Causeway, adalah jalan lintas yang terdiri dari dua jembatan paralel melintasi Danau Pontchartrain di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Sejak tahun 1969, telah terdaftar di Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang di atas air di dunia. memiliki panjang 38,35 km, Jembatan ini disangga sebanyak 9.500 tiang beton.
    Satu hal yang mengejutkan dari jembatan ini adalah pembangunan nya yang relative begitu cepat, bagaimana tidak jembatan yang memiliki panjang 38,35 ini hanya membutuhkan waktu selama 14 bulan aja lo. Atau 1,2 tahun yang berbeda dengan jembatan-jembatan sebelumnya yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Tapi ya kembali lagi ke modal. Kalau banyak uang maka pembangunan apapun bisa di selesaikan dengan sangat cepat.
 

7.Manchac Swamp Bridge

 

    Di urutan kelima di tempati oleh sebuah jembatan yang berasal dari Louisiana. Jembatan ini snagat terkenal akan keamanan nya, namun jamebatan ini juga sangat tekenal akan keangkerannya. Selain berhantu namun ternyata jembatan ini melintasi sebuah sarang buaya di bawah jembatan ini.
    Jembatan yang satu ini mulai beroperasi pada tahun 1979 dan menjadi salah satu jalan tol terpanjang di dunia, hal ini terbukti dengan panjangnya yang mencapai 22,80mil atau sekitar 36,69Km
 

8.Yangcun Bridge

 

 

Yangcun Bridge adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini merupakan jembatan kereta api berkecepatan tinggi yang melintasi Tianjin dengan Beijing. Dengan panjang total 35.812 meter jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2007.
 

9.Hangzhou Bay Bridge

 

Hangzhou Bay Bridge adalah sebuah jembatan jalan raya yang terletak di seberang Teluk Hangzhou di wilayah pantai timur Cina. Jembatan ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang Cina. Pembangunan jembatan selesai pada tanggal 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007. Setelah periode pengujian dan evaluasi yang cukup Jembatan ini baru dibuka untuk umum pada 1 Mei 2008.
Jembatan Teluk Hangzhou (Hanzi sederhana: 杭州湾大; Hanzi tradisional: 杭州灣大橋; Pinyin: Hángzhōu Wān Dàqiáo) adalah jembatan jalan raya dengan kabel pancang yang melintasi bagian Teluk Hangzhou di wilayah pesisir timur Tiongkok. Ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang.
 
Konstruksi jembatan selesai pada 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada 26 Juni 2007. Jembatan dibuka untuk umum 1 Mei 2008, setelah periode pengujian dan evaluasi yang cukup lama. Jembatan memperpendek jarak tempuh jalan raya antara Ningbo dan Shanghai dari 400 km (249 mi) menjadi 180 km (112 mi) dan mengurangi waktu tempuh dari 4 menjadi 2 jam. Dengan panjang 35,673 km (22 mil), Jembatan Teluk Hangzhou adalah salah satu dari jembatan trans-samudera terpanjang.
 

10.Runyang Bridge

 

Runyang Bridge adalah kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Cina hilir Nanjing. Kompleks ini terdiri dari dua jembatan utama yang menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di utara. Jembatan ini merupakan bagian dari Beijing-Shanghai Expressway. Pembangunan kompleks jembatan dimulai pada Oktober 2000 dan selesai lebih cepat dari jadwal. Jembatan memakan biaya 5,8 miliar Yuan (sekitar US $ 700 juta). Kompleks dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 30 April 2005. Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 kilometer (22,16 mil). Di antara kedua jembatan ini terdapat  sebuah  pulau bernama pulau Shiyezhou
Sebelum jembatan selesai, layanan feri 24 jam beroperasi di seberang sungai. Butuh sekitar 40 menit untuk mencapai Stasiun Kereta Api Zhenjiang dari Yangzhou. Hingga hari ini, layanan kapal feri terdekat yang beroperasi sepanjang hari beroperasi di seberang sungai. Biayanya sekitar 15 yuan per mobil kecil, dengan waktu tunggu sekitar 5 menit. Mobil dan truk mengemudi langsung ke kapal feri sebelum keberangkatan. Beberapa penduduk setempat memperkirakan feri lebih cepat menghubungkan pusat kota Zhenjiang dan Yangzhou
Nah itulah Informasi mengenai jembatan terpanjang yang ada di dunia versi PUDJI’S INFO.
 
Sumber bacaan serta Kutipan
 
Cekajaka
Nama Pedia
National Geographyc
  • Bagikan