Asteroid Raksasa Akan Melintasi Dekat Bumi ?,Cek Tangal Melintas dan Potensi Tabrakannya !!

  • Bagikan
 
 
Asteroid Raksasa Akan Melintasi Dekat Bumi ?,Cek Tangal Melintas dan Potensi Tabrakannya !!

 

Asteroid Raksasa Akan Melintasi Dekat Bumi ?,Cek Tangal Melintas dan Potensi Tabrakannya !! – Lembaga antariksa Amerika Serikat,National Aeronautics Administration (NASA).Belum lama ini mengeluarkan peringatan yang membuat bulu kuduk kita merinding.Gimana tidak peringatan yang di keluarkan oleh NASA ini adalah,peringatan yang berkaitan dengan dengan akan adanya sebuah asteroid raksasa yang akan menghampiri bumi dalam waktu dekat ini.

    Sebenarnya peristiwa ini bukanlah yang pertama kali terjadi.Pasalnya pada Natal tahun baru Nasa mengeluarkan peringatan yang serupa.Meskipun hal ini sudah sering terjadi,namun bukan berarti bisa di anggap enteng bahkan di sepelekan.Karena peristiwa ini berpotensi bisa menghancurkan bumi akibat tabrakan ini.

    Jika melirik kebelakang maka kita akan sangat paham dan tahu bagaimana dahsyatnya bencana yang di akibatkan oleh hantaman asteroid ini, yang mengakibatkan punah nya Dinosaurus dan musnahnya kehidupan yang ada di muka bumi ini.
 

Asteroid Raksasa Akan Hampiri Bumi

    Bumi adalah tempat tinggal kita,sekaligus rumah kita.Dan bumi juga sebagai satu-satunya planet yang sampai saat ini di ketahui mendukung kehidupan diantara jutaan planet yang ada di alam semesta yang luas ini.Dengan langkahnya planet yang layak huni tentu saja keselamatan planet bumi harus sangat kita jaga.Tak hanya ancaman dari dalam bumi itu sendiri (aktivitas Manusia) namun juga ancaman dari luar bumi.

Asteroid Raksasa Akan Melintasi Dekat Bumi ?,Cek Tangal Melintas dan Potensi Tabrakannya !!

    Asteroid yang bernama 52768 atau yang lebih dikenal sebagai 1998 OR2 ini merupakan ancaman yang sangat besar bagi kelangsungan hidup rumah kita ini.
 
Sesuai dengan namanya,Asteroid ini pertama kali di temukan pada 24 Juli 1998 oleh RAPI.Uniknya pada tahun yang sama juga di temukan asteroid lainnya yakni 52768 (1998 OH) oleh tim NEAT (Nearth-Earth Asteroid Tracking).
 
Asteroid 1998 OR2 ini memiliki diameter yang besar yakni mencapai sekitar 1,5KM sampai dengan 4,1 KM.
 

Waktu Hampiri Bumi dan Potensi Tabarakan Denga Bumi

    Dengan ukuran yang begitu besarnya,di ketahui bahwa asteroid ini akan melintasi bumi pada 29 April mendatang,dengan jarak dari bumi yakni sejauh 0,04205 unit astronomi.Dimana 1 Unit astronomi setara dengan 149,6 juta Km atau sebanding dengan jarak antara bumi dengan matahari.Jarak tersebut sangatlah dekat,sehingga Asteroid 1998 OR2 ini dimasukkan kedalam Near-Earth Object (NEO).

    Menurut Wikipedia,seperti dikutip pada,Senin (16/03/2020).Neo adalahbenda-benda angkasa yang bergerak yang memiliki diameter minimum 1km yang terpengaruh oleh pengaruh Gravitasi planet-planet terdekat sehingga orbitnya akan mendekati orbit bumi pada jarak yang dekat pada waktu tertentu.Umumnya NEO terdiri dari Asteroid dengan diameter >50m.

    Nah karena Asteroid 1998 OR2 ini dimasukkan kedalam klasifikasi NEO,maka asteroid ini berpotensi membahayakan bumi kita ini.
 

Disebut berbahaya bukan hanya karena garis orbitnya yang mendekati bumi saja,namun juga dikarenakan kecepatannya yang luar biasa.Di prediksi Asteroid ini nantinya akan memiliki kecepatan hingga 31 Ribu km/jam.

    Melihat dari ukuran dan kecepatannya tentu saja sangat berbahaya jika asteroid ini sampai menyentuh permukaan bumi.
 

Potensi Tabrakan dengan Bumi

    Sejak tersiar kabar tentang adanya sebuah asteroid raksasa yang akan mendekati bumi.Publik di buat guncang dan panic akan kabar tersebut.

Asteroid Raksasa Akan Melintasi Dekat Bumi ?,Cek Tangal Melintas dan Potensi Tabrakannya !!

    Sebagaimana dijelaskan oleh ilmuan Nasa,jika Asteroid 1998 OR2 ini menabrak bumi maka akibat yang di timbulkannya sangatlah Dahsyat dan mengerikan.Saking mengerikannya kejadian jutaan tahun yang lalu ketika zaman dinosaurus bisa terulang kembali.

    Lantas apakah Asteroid 1998 OR2 ini akan menabrak bumi ?.Untungnya hal ini tidak akan terjadi,hal ini di ungkapkan oleh nasa sendiri.Bahwasanya Asteroid raksasa ini tidak akan sampai menabrak bumi kita ini.
 

Pengataman Asteroid Raksasa Ini

    Walapun sudah ada konfirmasi dari nasa bahwa asteroid ini tidak akan menabrak bumi.Namun pengamatan harus tetap di laksanakan guna mengantisipasi segala kemungkinan yang mungkin terjadi.

    Pengamatan asteroid ini akan di lakukan menggunakan teleskop canggih yang ada di California.Tepatnya di Table mountain Facility Jet Propulsion Laboratory.Teleskop mumpuni ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki ukuran 61Cm.

    Selain mengamati 1998 OR2 ternayat teleskop ini juga mengamati 1998 OH.Tak berhenti disitu saja.Ternyata Teleskop ini juga memiliki peran penting dalam pengamatan benda langit lainnya yang mendekati bumi kita ini.
 
Sumber
Harapanrakyat.com
Wikipedia.com
  • Bagikan