Belum Lama Rilis 5G,China Langsung Bahas Wacana 6G Yang Kecepatannya 1.000 Kali 5G ?

  • Bagikan
ZONA ANIMASI – Belum lama setelah meluncurkan jaringan internet 5G,china membuat gebrakan besar dengan adanya  wacana peluncuran  generasi selanjutnya dari 5G yakni 6G.Wacana ini memang membuat beberapa pihak terkejut.Pasalnya 5G yang masih seumur jagung dan belum di terapkan secera merata di seluruh dunia !.Namun,china secara tiba-tiba sudah membahas adanya generasi berikutnya.
Pelaksanaan Penelitian 6G
    Namun sepertinya hal ini bukan lah sekedar wacana semata saja,hal ini terbukti,seperti di laporkan oleh media Pemerintah.Dimana kementrian dan lembaga penelitian pemerintah bertemu minggu ini untuk membuat kelompok riset dan pengembangan (R&D)teknologi 6G nasional.Total terdapat sekitar 37 spesialis telekomunikasi yang di ambil dari berbagai universitas,institusi dan perusahaan yang bertugas memaparkan pengembangan 6G dan membuktikan kelayakan ilmiah dari program tersebut.Hal ini membuktikan bahwa pemerintah china serius dalam mengembangkan teknologi jaringan internet terbaru ini.Yang di harapkan dalam waktu dekat inovasi terbaru ini dapat segera di luncurkan untuk massal.
    Seperti di kutip dari Dailymail,Senin (03/02/2020),Wang Xi,Wakil menteri Sains dan Teknologi China mengatakan bahwa project ini masih dalam tahan awal sehingga belum menemukan skema yang ideal.
“Pengembangan ini masih dalam tahap awal,Rute teknis masih belum jelas,di tambah indicator kunci dan scenario aplikasi belum distandardisasi dan di tetapkan”,tutur Wang Xi (dikutip dari Technologue,Senin (03/02/2020))
Waktu Yang Di Butuhkan Untuk Mengembangkan 6G
    Walaupun China sudah melakukan riset untuk mengembangkan jaringan internet 6G.Namun nyatanya riset ini masih dalam tahap awal.Sebenarnya hal ini wajar,pasalnya 5G masih dalam tahap pertumbuhan.
    Namun,untuk mengembangkan jaringan 6G ini dan sampai bisa di pakai massal membutuhkan waktu sekitar 10 tahun.Teknologi 6G ini direncanakan akan di perkenalkan pada 2030 mendatang.(Seperti di lansir dari Tempo)
Kecepatan 6G
    Kecepatan WWW suatu jaringan merupakan salah satu yang terpenting.Dan kalau kita melihat ke belakang lagi 4G memiliki kecepatan 150MB/S sedangkan 5G memiliki kecepatan 300MB/S hingga 1GB/S.
    Jika pendahulunya saja sudah memiliki kecepatan yang ngeri.lantas berapakah kecepatan yang di tawarkan oleh penerus 5G ini ?
    Seperti di lansir dari Tempo pada,Senin(03 Februari 2020).Menurut Dr. Mahyar Shirvanimoghaddam dari University of Sydney.Secara Teori jaringan 6G dapat menawarkan kecepatan hingga 1TB/S atau 1.000GB/S.
    Kecepatan ini akan membuka pintu bagi jenis pengguna internet yang benar-benar baru dan merevolusi hubungan manusia dan teknologi.
    
  • Bagikan