Bikin Merinding, Cerita Mistis Gunung Hejo Petilasan Prabu Siliwangi Di Tol Cipularang

  • Bagikan

gunung hejo petilasan siliwangi tol cipularang

Cerita Mistik Gunung Hejo Petilasan Prabu Siliwangi Di Tol Cipularang – Kecelakaan yang seringkali berlangsung di jalan Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang) selama ini masih jadi misteri. Masyarakat seputar tol yakin jika tingginya angka kecelakaan sebab jalan bebas kendala ini berada di seputar Gunung Hejo yang angker.

Warga ditempat, kompas.com menulis yakin jika gunung yang terdapat di Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Jawa Barat, itu adalah tempat petilasan atau bertapa Prabu Siliwangi, raja termasyhur di Kerajaan Pajajaran.

Letak petilasan itu ada di km. 96.2 Tol Cipularang, persisnya di samping kiri arah tol Bandung ke arah Jakarta. Untuk ke arah lokasi Gunung Hejo orang dapat naiki anak tangga yang berada di samping tol itu.

Bentuk petilasan seperti makam dengan batu terbungkus kain putih. Di batu itu konon Prabu Siliwangi seringkali bertapa.

gunung hejo1

Menurut masyarakat ditempat, baik sebelum dan setelah Tol Cipularang dibuat, petilasan itu seringkali ramai didatangi peziarah. Mereka hadir dari beberapa kota, seperti Jakarta, Bogor, Kerawang, Bandung, serta Jawa Tengah.

Tersebar berita waktu pembangunan tol diawali, faksi kontraktor berupaya tembus Gunung Hejo untuk jadikan jalan tol. Tetapi, usaha itu tidak berhasil sebab gunung itu tidak dapat dirobohkan dengan alat berat.

Akhirnya rute jalan tol di wilayah itu dibikin melingkar. Juga, entahlah kebetulan atau mungkin tidak, banyak kecelakaan di Tol Cipali yang mengonsumsi korban jiwa berlangsung di seputar wilayah itu, yakni di km. 90-100.

Beberapa penampakan makhluk gaib seringkali tampil di seputar lokasi itu hingga menyebabkan berlangsungnya kecelakaan.

Narasi yang lain ialah berkaitan ingkar janji kontraktor. Menurut masyarakat ditempat kontraktor janji akan buka serta membuat akses jalan ke arah Gunung Hejo, khususnya ke tempat petilasan Prabu Siliwangi.

Tetapi, janji tinggal janji, sebab sampai jalan Tol Cipularang bekerja kontraktor tidak membuat jalan akses ke Gunung Hejo. Mengakibatkan “penunggu” alam gaib Gunung Hejo juga murka hingga banyak kecelakaan di lokasi itu.

Kepala Sisi Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul menjelaskan, jika di km. 97 memang riskan kecelakaan. Oleh karenanya Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Layanan Marga, Kepolisian, serta beberapa ahli pernah lakukan pelajari serta riset di km. 90 sampai 100.

“Kalau disaksikan hasil dari analisis ilmiah km. 90-100 keseluruhannya, pemakai kendaraan memang seharusnya tambahan berhati-hati waktu melalui jalan itu. Keadaan jalanan alami penurunan dengan tikungan serta kontur angin membuat pengendara harus lebih berhati-hati,” tutur Martinus yang dua tahun kemarin memegang jadi Kabid Humas Polda Jawa Barat, seperti dimuat Kompas.com, Selasa (2/12/2014) yang lalu.

Selain itu, ahli transportasi Institut Tehnologi Bandung (ITB), Prof Ofyar Z Tamin, menjelaskan jika track jalan yang mulai alami penurunan dari km. 100 serta ditambah beban massa dari kendaraan membuat kecepatan kendaraan makin bertambah cepat. Waktu keadaan semacam ini, pengemudi sebaiknya tingkatkan kesiagaan.

“Saat mendesain serta membuat jalan ada yang disebutkan kecepatan gagasan. Berarti, kendaraan akan aman bila meluncur baik waktu masuk kelokan atau jalan alami penurunan ada dibawah kecepatan gagasan,” tutur Tamin.

Mengantisipasi

Mengendalikan kecepatan mobil ialah jalan keluar untuk meminimalisir efek alami kecelakaan waktu melewati Tol Cipularang. Ditambah lagi, waktu melewati km. 90-100, keadaan track alami penurunan membuat kecepatan kendaraan makin bertambah cepat sendirinya.

Kemudikan mobil pada tenggang kecepatan 60-80 km. /jam. Jadi, bila mobil Anda lewat jalan alami penurunan, kecepatan akan naik tidak begitu jauh, serta masih ada dibawah batas kecepatan optimal 100 km. /jam.

Disamping itu, jika mengantuk waktu berkendara mobil, sebaiknya menyampingkan mobil ke pundak jalan untuk istirahat. Tetapi, bila ingin cari tempat istirahat lain, sekarang beberapa aplikasi mobile di hp telah memiliki feature “Near Me” yang dapat memperlihatkan tempat pom bensin, supermarket, serta posko mudik paling dekat dari tempat Anda ada.

Bila mobil Anda mendadak alami masalah tehnis di jalan tol, beberapa aplikasi mobile dapat jadi jalan keluar. Aplikasi Otocare contohnya, mempunyai juga feature Call Garda Akses untuk memberi pertolongan genting mobil derek.

Perjalanan Anda serta sekeluarga melalui Tol Cipularang akan tambah lebih aman. Rasa takut serta kuatir pada narasi angker di tol penghubung Kota Jakarta serta Bandung itu bukan jadi permasalahan .

  • Bagikan