Peneliti Temukan Bukti Dinosaurus Melakukan Kanibalisme ?, Cek Faktanya !

  • Bagikan
Peneliti Temukan Bukti Dinosaurus Melakukan Kanibalisme ?, Cek Faktanya !

 

Peneliti Temukan Bukti Dinosaurus Melakukan Kanibalisme ?, Cek Faktanya ! Beberapa waktu yang lalu para peneliti bukti menemukan fakta yang mengejutkan tentang dinosaurus yang melakukan kanibalisme dengan sesama spesiesnya. Para peneliti memperkirakan bahwasanya Spesies Dinosaurus yang melakukan kanibalisme ini adalah spesies Allosaurus yang termasuk kedalam jenis dinosaurus karnivora ( Pemakan Daging).
 
Hal ini terungkap setelah para peneliti meneliti bekas gigitan pada fosil tulang belulang dinosaurus itu di Midwest, Amerika Serikat.

Peneliti Temukan Bukti Dinosaurus Melakukan Kanibalisme

Dari hasil analisa itu juga ditemukan tanda-tanda perilaku mengais sampah dan kemungkinan memangsa sesama. Beberapa jenis dinosaurus karnivora di era Jurassic Akhir diperkirakan menunjukkan perilaku tersebut. (Sumber : CN Indonesia)
 
 
 
Hal ini dipublikasikan pada jurnal PLoS One, Rabu (28/5). Fosil yang ada di tambang Mygatt-Moore, Colorado ini menunjukkan tanda gigitan yang sangat tinggi dan tidak biasa. (Dikutip dari CNN Indonesia)
 
 
Dalam beberapa kasus, tim peneliti menulis, baik penggigit dan yang digigit tersebut berasal dari genus yang sama, yaitu allosaurus predator. Ini memberikan beberapa bukti fosil “sangat langka” tentang kanibalisme dinosaurus-ke-dinosaurus.
 
 
 
Menurut penulis utama studi, Stephanie Drumheller, kemungkinan sifat kanibalisme tersebut muncul sebagai upaya terakhir ketika mereka putus asa.
 
“Theropoda besar seperti Allosaurus bukan pemilih makanan, kecuali jika lingkungan mereka sudah kekurangan sumber daya. Kanibalisme sudah pasti terjadi,” kata Drumheller yang juga Profesor Paleontologi di Universitas Tennessee, Knoxville dalam livescience. (Dikutip dari NationalGeographic. Sabtu, 4 Juli 2020)
 
 
 
Sementara itu, Untuk ukuran sendiri jenis dinosaurus Allosarurus sendiri ini diperkirakan memiliki panjang sembilan meter, dengan kuku panjang dan bentuk tengkorak seperti kapak. Dinosarus ini menjadi salah satu yang ditakuti di era Jurassic selain dari beberapa dinosaurus karnivora lainnya.
 
 

Lokasi Penemuan Fosil Dinosaurus Kanibalisme Ini ?

 
Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para peneliti bahwasanya Tambang Mygatt-Moore memang mengandung ribuan tulang dinosaurus yang berasal dari periode Jurassic sekitar 150 juta tahun lalu. Pada zaman dahulu kala, tambang ini merupakan daerah yang subur atau bisa di bilang adalah rumah yang di tumbuhi oleh tanaman subur bagi banyak spesies dinosaurus besar.
 
Yang rata-rata pemakan tumbuhan, termasuk Apatosaurus yang berleher panjang dan Allosaurus karnivora berkaki dua. Namun, pada beberapa titik, studi baru menunjukkan, daerah itu mengalami masa-masa sulit, memaksa karnivora lokal untuk mengais-ngais sisa-sisa daging dari sisa-sisa dinosaurus yang mati.
 
 Setelah meneliti serta mempelajari  lebih dari 2.300 tulang. Tim ahli paleontologi menemukan sebanyak 648 fosil atau sekitar 29 persen dari tulang yang mereka temukan berisi bekas gigitan dinosaurus Terapoda memiliki bekas gigitan.
 
 
 
Terapoda sendiri  adalah kelompok dinosaurus karnivora raksasa seperti T. rex, Spinosaurus dan Allosaurus. Dari hasil pengukuran bekas gigitan pada fosil, tim menyimpulkan setidaknya dua theropoda besar yang mereka temukan, Allosaurus dan Ceratosaurus.
 
 
 
Dalam beberapa kasus, tim peneliti menulis, baik penggigit dan yang digigit tersebut berasal dari genus yang sama, yaitu allosaurus predator. Ini memberikan beberapa bukti fosil “sangat langka” tentang kanibalisme dinosaurus-ke-dinosaurus.
Kanibal Tertua Berusia 800 Ribu Tahun
 
 
Meski demikian, para peneliti menyebut masih terbuka kemungkinan kalau bekas gigitan di tulang itu tidak berhubungan dengan aktivitas memakan bangkai atau kanibalisme.
 
 Argumentasi itu muncul setelah ditemukan bukti bahwasanya, sebagian besar bekas gigitan yang diperiksa tampaknya tidak membunuh. Faktanya, lebih dari setengah dari semua tanda ditemukan pada bagian tubuh seperti daging, dan jari, termasuk jari kaki dan tulang belakang. Para theropoda yang menggigit itu tidak menjadikan perburuan mereka sebagai yang utama, melainkan mencari sisa-sisa makanan.
 
Dari Fosil-fosil ini menceritakan kisah karnivora yang putus asa. Dipaksa untuk menyerang mayat yang sudah membusuk untuk sisa daging yang tersisa–tidak masalah jika mayat-mayat itu adalah bagian dari keluarganya sendiri.
 
Sumber bacaan : 
CNNIndonesia
NationalGeographic

  • Bagikan