Cenderawasih Kuning Besar

  • Bagikan

 
Cenderawasih Kuning Besar

 

Cenderawasih Kuning Besar – Burung cenderawasih yang masuk kedalam keluarga Paradisaeidae merupakan burung  yang berasal dari Indonesia bagian timur terutama papua. Burung ini memiliki keunggulan dibandingkan burung pada umumnya. Keunggulan ini terletak pada ekornya yang panjang dan berwarna cerah. 
 

Keindahan Bulu Burung Cenderawasih

    Keindahan Bulu Burung Cenderawasih yang tidak dimiliki oleh burung lainnya menunjukkan nilai komersil yang sangat tinggi dan banyak diminati manusia, baik dalam keadaan hidup atau mati. Tingginya minat akan burung ini mengakibatkan tingkat perburuan liar semakin meninggkat, sehingga burung ini terancam akan punah.
 
    Cenderawasih kuning-besar mempunyai panjang sekitar 43 cm, Carolus Linnaeus memberinya nama jenis Paradisea Apoda, yang berarti “cenderawasih tak berkaki”, sebab pada awal perdagangan nya ke Eropa, burung ini di siapkan tanpa kaki oleh orang pribumi. Hal ini mengakibatkan salah paham bahwa burung ini ialah pengunjung dari nirwana yang melayang-layang di udara dan tak pernah menyentuh tanah hingga mati.
 
     Saking indahnya burung ini banyak orang yang memberikan julukan sebagai salah satu burung surge pada burung yang satu ini.

Spesies Burung Cenderawasih Kuning Besar

     Cenderawasih kuning besar sendiri merupakan spesies yang di lindungi oleh UU karena habitatnya yang kian mengecil. Dan sayangnya banyak dari jenis lainnya sudah terancam punah dan karena hal inilah pelestarian burung ini sangat di butuhkan. Kesadaran masyarakat Indonesia yang minim akan terancamnya burung ini perlu di tingkatkan guna mengurangi tingkat perburuan pada burung yang satu ini.
 
    Burung yang tersebar di hutan dataran rendah dan bukit di barat daya pulau papua dan pulau aru ini memiliki makanan yakni buah-buahan, biji serta serangga kecil.
 
Nah itulah segelintir informasi mengenai salah satu burung yang keindahannya sudah mendunia ini. Marilah kita bersama-sama berjabat tangan dalam melestarikan kelangsungan hidup dari burung ini. Agar anak-cucu kita nantinya masih bisa melihat pesona dari burung surga ini.
 
   Tetap Kunjungi ZONA ANIMASI untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.
 
 
  • Bagikan