Cerita Penggali Makam di Depok, 7 Jasad Masih Utuh Walau Telah Lama Dikubur

  • Bagikan

cerita penggali makam di depok

Proses perpindahan makam di TPU Kumpi Saribah, Grogol, Limo Depok sempat membuat petugas takjub. Karena dari keseluruhan 525 makam yang dirombak untuk dipindah, diketemukan 7 jasad masih juga dalam keadaan utuh serta bagus.

Nian Darmawan, salah satunya panitia perpindahan menjelaskan, berdasar data yang mereka memiliki, tujuh jasad yang masih utuh telah dikubur semenjak 22 tahun kemarin. “Diantaranya jasad atas nama Samsudin bin Danih. Telah dikubur 22 tahun tetapi masih utuh saat akan dipindahkan,” tuturnya, Kamis (20/9).

Diakuinya tidak demikian ingat jati diri tujuh jasad yang masih utuh itu. Tetapi ia sempat mengingat diantaranya yakni Samsudin bin Danih.

“Ini jadi salah satunya sinyal kebesaran Allah,” katanya.

Disebutkannya, proses perpindahan jasad-jasad itu dikerjakan seperti pemakaman baru. Dari mulai disalatkan terlebih dulu. Selanjutnya dikafankan kembali.

“Seperti memakamkan barusan prosedurnya sesuai dengan syariat,” katanya.

Nian Aji, masyarakat yang lihat proses penggalian membetulkan terdapatnya jasad yang masih juga dalam keadaan utuh. Ia bercerita, saat jasad itu diangkat serta dipindahkan, ada yang rambutnya masih utuh, tenggorokan masih bagus.

“Jika kafan memang sedikit rusak,” ceritanya.

Yang ia ingat salah satunya jasad yang masih utuh atas nama Yanto. Jasadnya digali seputar 20 hari waktu lalu oleh faksi keluarga saat tahu jika makam akan dipindahkan. “Almarhum Yanto telah lima tahun dikubur tetapi masih utuh. Ada jasad lain yang hanya hilang gigi saja tetapi lainnya utuh, rambut saja masih ada,” katanya.

Sasaran perpindahan makam itu harus usai satu bulan. Oleh karena itu beberapa pekerja lakukan perpindahan makam tiap hari. “Telah semenjak hari Minggu tempo hari. Sasaran satu bulan usai sebab akan untuk project tol,” katanya.

  • Bagikan