TERUNGKAP! Berikut Cerita Sesungguhnya Tentang Mak Lampir, Nyatanya Dia Ialah Seorang Putri Yang…

  • Bagikan

Berikut Cerita Sesungguhnya Tentang Mak Lampir, Nyatanya Dia Ialah Seorang Putri Yang… – Cerita Mak Lampir jadi populer di penjuru dunia sebab diangkat jadi sinetron di salah satunya tv nasional di Indonesia dengan judul Misteri Gunung Merapi.

Kisahnya benar-benar tidak sama dengan versus legenda. Tetapi nama Mak Lampir semakin populer di warga semua Indonesia tidak cuma dari Jawa saja.

Cerita Sesungguhnya Tentang Mak Lampir

Cerita Sesungguhnya Tentang Mak Lampir

Siti Lampir Maimunah, itu nama Mak Lampir yang sebetulnya. Dia memiliki guru namanya Nenek Serintil. Nenek Serintil adalah guru yang sakti mandraguna dari saluran hitam Anggrek Jingga. Nenek Serintil datang dari pulau jawa yang memuja Batara Saat.

Legenda Mak Lampir 

Banyak yang salah menyangka jika maklampir cuma melegenda digunung merapi di jogjakarta.

Walau sebenarnya Legenda Mak Lampir sendiri ialah satu legenda atau narasi yang datang dari gunung marapi di Kabupaten Agam Bukit Tinggi Sumatera Barat dan diadaptasi di jawa sebab dari sana ada gunung merapi, Tetapi banyak versus lain yang disangsikan keakuratannya sebab sudah sesuai dengan beberapa daerah khusus.

Legenda Mak Lampir ini benar-benar terkait dengan Legenda 7 Manusia Harimau yang datang dari Sumatera Barat beberapa Propinsi Bengkulu serta lampung.

Waktu muda Mak Lampir 

Siti Lampir Maemunah adalah seorang putri dari kerajaan kuno yakni Champa yang diambil dari bahasa Vietnam yakni Chiem Thanh dengan makna kerajaan yang pernah kuasai wilayah yang saat ini terhitung Vietnam Tengah serta Selatan direncanakan di antara era ke 7 s/d tahun 1832.

Pada intinya pada saat dewasa Siti Lampir Maemunah ini ialah seorang gadis yang cantik, baik tetapi benar-benar pemalu seperti wanita biasanya. Waktu dewasa dia sempat juga merasai jatuh hati dengan seorang pemuda. Sampai satu hari Siti Lampir bertemu dengan seorang pengembara yang dipanggil Datuk Panglima Kumbang, yakni seorang bangsawan yang bertitel datuk.

Disebutkan datuk sebab dia ialah panglima dari pasukan alam kegelapan. Waktu itu narasi pertama Siti Lampir jatuh hati pada seorang pemuda yakni Datuk Panglima Kumbang yang tidak ada yang mengetahui tentu siapa nama pemuda itu. Tetapi yang pasti sang pemuda diam-diam senang pada Siti Lampir Maemunah meskipun tanpa ada sepengetahuan sang putri.

Cerita Cinta Mak Lampir 

Meskipun mereka berdua sama-sama senang, tetapi jalinan mereka ini tidak mendapatkan restu dari ke-2 orang-tua Datuk Panglima Kumbang serta membuat sang putri sakit hati.

Sebab sakit hati, karena itu sang putri pergi bertapa ke gunung marapi. Waktu pertapaan itu, sang putri berjumpa dengan seorang mahaguru, Guru itu banyak memberikan pengetahuan sampai sang putri sakti mandraguna tanpa ada tanding.

Putri itu lantas memperoleh panggilan Mak Lampir dari masyarakat seputar gunung yang ketakutan dengarkan namanya. Di lain sisi, meskipun tidak mendapatkan restu dari orang-tua Datuk Panglima Kumbang, Mak Lampir tetap cari idola hatinya itu. Namun dia belum pernah berjumpa.

Sampai dalam satu hari Mak Lampir serta Datuk Panglima Kumbang pada akhirnya berjumpa, tetapi mereka berjumpa dalam medan pertarungan. Serta sayangnya Datuk Panglima Kumbang meninggal dalam pertarungan itu.

Mak Lampir benar-benar menyesalkan kematiannya, lebih saat dia tahu bila Datuk Panglima Kumbang mencintainya. Ia tidak ikhlas orang yang benar-benar dicintainya mati, pada akhirnya Mak Lampir berupaya hidupkan kembali Datuk Panglima Kumbang dengan mengikatkan jiwa Datuk Panglima Kumbang di bumi.

Awal Mula Peperangan Bangsa Gaib 

Kesaktian yang dipunyai Mak Lampir sukses hidupkan kembali Datuk Panglima Kumbang, Tetapi pengetahuan yang dipakai membuat bentuk Mak Lampir menjadi jelek rupa serta benar-benar menyeramkan.

Meskipun dengan bentuk itu Mak Lampir mengharap Datuk Panglima Kumbang masih mencintainya serta menerimanya dengan ikhlas. Tetapi yang berlangsung ialah sebaliknya. Pengorbanan yang dikerjakan oleh Mak Lampir tidak dipandang oleh Datuk Panglima Kumbang.

Idola hati Mak Lampir itu justru memandang bila wanita yang sudah menghidupkannya itu ialah sang peneror masyarakat dengan muka jeleknya. Serta mulai sejak itu pertarungan gaib terus berlangsung serta membuat masyarakat banyak yang ketakutan dengan Mak Lampir.

Narasi Lain Mak Lampir di Pulau Jawa 

Mak Lampir

Disebut dalam literatur lain yakni Mak Lampir yang berusia telah beberapa ratus tahun pilih geser ke pulau jawa. Arah geser ke pulau jawa itu ialah untuk bikin pengetahuan yang dipunyainya makin prima. Di pulau Jawa ia bersemayam di Gunung Merapi serta membangun satu kerajaan gaib yang benar-benar luas.

Dia bersekutu dengan Iblis untuk wujudkan harapannya. Sebab hal itu Mak Lampir dapat hidup sampai beberapa ratus tahun serta jadi siluman, Dia tidak dapat mati serta akan terus mengganggu manusia. Legenda Mak Lampir benar-benar sangat membahana, Namun itu cuma narasi serta belum dapat jadi bukti yang riil.

  • Bagikan