Desa Wisata Brayut yang Sarat Seni dan Edukasi

  • Bagikan

Desa Wisata Brayut yang Sarat Seni dan Edukasi

Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut yang Sarat Seni dan Edukasi – Salah satu desa wisata yang populer di Yogyakarta adalah Desa Wisata Brayut. Desa wisata ini terletak kurang lebih berjarak 30 km di sebelah utara pusat Kota Yogyakarta tepatnya di wilayah Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berada berada di lereng Gunung Merapi tetapi tak perlu khawatir karena jalan sudah sangat mudah untuk diakses. Desa wisata ini tergolong unik dan berbeda dengan desa wisata kebanyakan. Tak hanya menawarkan wisata yang menyenangkan namun juga edukatif yang pastinya ramah keluarga.

Beragam pilihan wisata edukasi ditawarkan kepada pengunjung. Pengunjung bisa belajar proses menanam padi, mulai dari pembenihan hingga proses panen, tentunya lengkap dengan praktik membajak sawah secara tradisional yang dijamin menyenangkan. Anda juga bisa mencoba praktik membudiyakan jamur tiram langsung di tempatnya. Paket edukasi lain yang dijamin tak kalah menyenangkan adalah edukasi seni, antara lain karawitan, membuat kerajinan anyaman, hingga membatik secara tradisional. Pertunjukkan seni tradisional berupa jathilan pun siap untuk memanjakan mata pengunjung.

Desa Wisata Brayut

 

Hal yang menjadi keunggulan dari Desa Wisata Brayut adalah terintegrasinya pengelolaan masing-masing aktivitas. Seluruh aktivitas wisata edukatif dikemas dalam satu paket dengan segala kebutuhan akomodasinya seperti penginapan hingga oleh-oleh yang tentunya semakin memudahkan pengunjung. Desa Wisata Brayut juga dikenal dengan keramahan warganya. Mereka sangat ramah dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik. Jadi jangan heran jika anda berkunjung anda akan sering menjumpai warga desa sekitar yang ramah dan selalu menyapa ketika berpapasan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Desa Wisata Brogol sangat populer bahkan hingga ke telinga wisatawan mancanegara karena hospitality masyarakatnya.

Sebagai salah satu desa wisata unggulan, fasilitas yang tersedia di sini sudah lengkap. Terdapat tempat pertemuan berkonsep ala joglo Jawa, homestay yang bersih, mushola, aneka sanggar seni, dan toko cinderamata. Yang unik dari homestay di Desa Wisata Brayut ini adalah kita akan diajak menginap di rumah-rumah warga. Jadi kita tak hanya sekadar menumpang istirahat namun sekaligus berinteraksi langsung dengan warga dan bisa merasakan kehidupan harian mereka.

Desa Wisata Brayut

 

  • Bagikan