Desa Wisata Cibuk Kidul

  • Bagikan

Desa Wisata Mina Padi Cibuk Kidul – Cibuk Kidul merupakan salah satu desa kecil yang masih sangat asri serta memiliki warga yang menjunjung tinggi keramah tamahan terhadap siapapun. Cibuk Kidul terletak di Margoluwih, Godean, Sleman, Yogyakarta. Walaupun termasuk desa yang kecil, Desa Wisata Cibuk Kidul memiliki prestasi yang besar. Menurut ketua kelompok petani KMI Mina Padi. Hal tersebut bermula ketika nenek moyang mereka menemukan metode penanaman padi. Metode itu yang berbeda dari kebanyakan proses penanaman padi pada umumnya. Perbedaannya adalah dalam satu petak sawah, selain berguna untuk bertani, juga berguna sebagai kolam ikan air tawar. Metode tersebut bernama “MINA PADI”.

Metode Mina Padi

Dengan menerapkan metode Mina Padi, penghasilan dari warga Cibuk Kidul menjadi meningkat karena ‘panen ganda’. Lebih dari itu beras dari penghasilan metode Mina Padi membuat produktivitas padi organik menjadi meningkat. Lantaran dapat terhindar dari serangan hama seperti tikus. Dan ikan-ikan yang ada pada kolam juga berfungsi untuk membersihkan gulma yang ada pada padi.

Desa Wisata Cibuk Kidul

Desa Wisata Mina Padi Cibuk Kidul
Keberhasilan metode Mina Padi, mendapat tanggapan sangat positif dari masyarakat, pemerintah, bahkan dari luar negeri. Terbukti dari 2015 lalu, Food and Agriculture Organization (FAO) memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap Mina Padi. Dan mengakui Mina Padi sebagai salah satu program pertanian unggulan global.

Pengakuan Dunia

Menurut bapak Sigit, sejak pengakuan oleh dunia banyak pengunjung baik dalam dan luar negeri datang untuk mencari lebih jauh mengenai Mina Padi di Cibuk Kidul. Melihat antusias dari masyarakat, maka pada November 2016 Pemerintah Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman meresmikan Cibuk Kidul sebagai desa wisata yang memiliki banyak daya tarik selain metode Mina padi seperti wisata edukasi dan wisata seni budaya lokal.

Keseriusan dari pemerintah dan warga Cibuk Kidul untuk menjadikan Cibuk Kidul sebagai desa wisata terlihat dari terbentuknya pengurus yang mengelola kepariwisataan Cibuk Kidul yang tergabung dalam POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang menjadi ketua adalah bapak Timbul.

Ketika Cibuk Kidul menjadi desa wisata seperti sekarang, tentu akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan seluruh potensi dan peluang yang ada.

  • Bagikan