Desa Wisata Ledok Sambi

  • Bagikan

Desa Wisata Ledok Sambi

Desa Wisata Ledok Sambi telah dikenal terutama karena keberadaan Sungai Kuning yang melintas di sebelah desa ini. Selebihnya posisi Desa Wisata Sambi yang berada di lereng Merapi sehingga memberi akses pemandangan Merapi yang megah juga menjadi daya tarik pengunjung, baik untuk outbound, susur sungai, maupun sekedar berjalan-jalan menghibur hati menikmati panorama lembah sungai dan gunung Merapi. Akan tetapi, Desa Wisata Sambi juga memiliki hamparan sawah dan kebun yang subur, tempat kita bisa belajar bertani serta berkebun aneka sayur dan buah-buahan. Jika punya waktu luang, silahkan datang di Desa Wisata Sambi.

Kejernihan Kali Kuning

Desa Wisata Ledok Sambi

Tak hanya menikmati kejernihan Sungai Kuning, berbaurlah dengan penduduk untuk belajar pertanian dan berkebun sayur serta buah. Karena Ledok Sambi memiliki Sentra Pendidikan Pertanian dan merupakan penghasil buah serta sayuran. Seperti pepaya, melon, semangka, waluh; cabe, selada, peterseli, basel, caysim, pok coy, selada merah, romen, dll. Bila perlu, dengan mengikuti paket bermalam (live-in ). Kita akan punya cukup waktu untuk menikmati sekaligus belajar kesenian. Seperti menabuh gamelan, cokekan, tarian klasik. Bahkan Desa Wisata Sambi Membasuh Hati di Ledhok Sambi wayang atau seni pedalangan.

Ritual Budaya

Di saat tertentu, penduduk Ledok Sambi juga melakukan berbagai ritual budaya seperti sadranan atau kenduri. Belajar dan menghayati suasana kehidupan di desa akan semakin menyenangkan. Ketika kita juga bisa mencicipi aneka kuliner desa seperti nasi megana, gudangan lembayung, pecel lele, jadah tempe, aneka ubi-ubian. Dan jangan lupa pula meneguk semangkuk wedang secang-sere nan hangat menyegarkan.

Pengianapan

Untuk menginap, di Desa Wisata Ledok Sambi tersedia 15 home stay yang mampu menampung hingga 75 orang. Sementara untuk pertemuan disediakan dua rumah joglo serta rumah limasan yang dapat digunakan. Area parkirnya pun relatif luas.

Lokasi

Desa Wisata Sambi berada di jalur strategis menuju objek wisata Kaliurang. Berjarak kurang lebih 10 km dari kota kabupaten Sleman dan 19 km di arah utara dari pusat kota Yogyakarta. Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

  • Bagikan