Dolanan – Dolanan Di Dusun Kaweden Part 4

10. Nekeran

Dolanan - Dolanan Di Dusun Kaweden

 

Dolanan – Dolanan Di Dusun Kaweden Part 4 – Nekeran atau permainan kelereng mungkin merupakan permainan tradisional yang terkenal di antara anak-anak laki-laki di Indonesia, tidak hanya di Kaweden. Ada banyak sekali variasi permainan ini, namun yang paling sering ditemukan adalah permainan nekeran dengan bentuk bulan sabit. Pertama-tama, tiap pemain menyiapkan neker (kelereng) yang akan digunakan. Kemudian, salah seorang menggambar setengah lingkaran yang agak mirip bulan sabit di permukaan tanah. Selanjutnya, semua pemain meletakkan kelereng-kelereng atau neker mereka di dalam lingkaran tersebut. Sebelum itu, tiap pemain harus menyiapkan satu neker yang akan digunakan sebagai gacuk (neker pemukul).

 

 Dalam jarak tertentu yang telah disepakati, para pemain melemparkan gacuknya kearah lingkaran. Gacuk tersebut harus diusahakan mendekati lingkaran. Namun, tidak boleh masuk ke dalam lingkaran tersebut. Apabila ada neker yang terkena gacuk dan keluar dari lingkaran, neker tersebut boleh diambil oleh pemilik gacuk dengan syarat gacuk tersebut terpental kembali ke luar lingkaran. Setelah itu, permainan menembak kelereng dimulai oleh pemain yang gacuknya paling dekat dengan lingkaran, kemudian diikuti pemain yang lebih jauh, dan begitu seterusnya. Pemain yang gacuknya masuk ke dalam lingkaran tidak boleh bermain lagi. Kemenangan dalam permainan ini ditentukan oleh banyaknya neker yang didapat oleh tiap pemain.

 

11.Jek-jekan

 

jek jekan

 

 

Permainan jek-jekan dapat dilakukan oleh banyak orang dengan jumlah minimal enam orang. Permainan diawali dengan membagi pemain ke dalam dua kelompok. Tiap kelompok mempunyai pencokan masing-masing. Tugas tiap kelompok adalah:

 

1) Menjaga anggota kelompok agar tidak sampai ditangkap oleh musuh,

2) Menangkap anggota kelompok musuh,

3) Mengambil kembali atau menyelamatkan anggota kelompok yang menjadi tawanan musuh,

4) Melindungi pencokan agar tidak dipegang (dipencoki) musuh,

5) Berusaha memegang pencokan musuh. Anggota kelompok yang ditawan dapat diambil kembali dengan menariknya keluar dari daerah pencokan atau menukarnya dengan tawanan lawan. Kelompok dinyatakan menang apabila berhasil memegang pencokan lawan.

 

Lanjut Ke Dolanan – Dolanan Di Dusun Kaweden Part 5

Dolanan – Dolanan Di Dusun Kaweden Part 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: