Gerhana Matahari Cincin Akan Sambangi Penduduk Bumi di Bulan Juni

  • Bagikan
Gerhana Matahari Cincin Akan Sambangi Penduduk Bumi di Bulan Juni

 

Gerhana Matahari Cincin

ZONA ANIMASI – Setelah beberapa waktu yang lalu penduduk Indonesia dan beberapa Negara lainnya di tahun lalu,maka pada bulan Juni mendatang akan tejadi lagi sebuah gerhana matahari yakni Gerhana Matahari Cincin (GMC). 
 
    Menurut Cnnindonesia, dilansir pada Rabu,(03/06/2020)Gerhana Matahari yang bisa dilihat di Indonesia tidak berupa cincin, melainkan hanya gerhana matahari Sebagian 
 
Menurut langit selatan GMC kali ini adalahan Gerhana Matahari Cincin yang istimewa yakni bertepatan dengan Solstis Bulan Juni atau yang identic dengan Solstik Musim Panas di belahan utara, saat Matahari tepat berada pada titik tertinggi di utara.
 
Wilayah Yang Dilintasi Gerhana Matahari Cincin (GMC) atau Gerhana Matahari Sebagian (GMS)
 
    Seperti yang sudah kami bahas di awal bahwasanya wilayah nusantara tidak akan dapat menikmati Gerhana Matahari Cincin (GMC), namun anda tidak perlu sedih karena wilayah Indonesia masih bisa kok menikmati gerhana matahari nya walaupun Cuma bersifat sebagian atau Gerhana Matahari Sebagian (GMS) aja.
 
    Untuk wilayah yang akan di lewati Gerhana Matahari Cincin (GMC) Ini adalah daratan Afrika, Timur Tengah, Pakistan, India, China, Dan berakhir di samudera pasifik. Nah , itulah wilayah-wilayah beruntung yang akan dapat menikmati fenomena alam nan cantik ini.
 
    Sementara untuk Gerhana Matahari Sebagian (GMS) akan dapat dinikmati oleh mereka yang berada di Indonesia bagian utara sementara untuk yang berada di wilayah selatan maka Gerhana Matahari Sebagian ini akan semakin suit terlihat. Hal ini diakibatkan oleh tingkat ketertutupan matahari yang terlihat di Indonesia beragam. semakin ke selatan, semakin kecil bagian Matahari yang ditutupi oleh bulan. Sementara yang berada di bagian utara bisa menikmati gerhana sebagian sampai sekitar 30 persen.
 
Waktu dan Lama Durasi Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Sebagian (GMS) di Indonesia
 
    Sementara untuk waktu terjadinya Gerhana Matahari Cincin Maupun Gerhana Matahari Sebagian (GMS) ini sama aja, Yakni pada 21 Juni 2020. 
 
Atau lebih spesifik nya untuk Gerhana Matahari Sebagian (GMS) akan terjadi pada sore harinya menjelang matahari terbenam.
 
Lantas kenapa ada dua gerhana pada waktu yang sama ?.
  
    Sebenarnya hal ini diakibatkan oleh tempat dan sudut pantau aja kok. Seperti yang sudah kami bahas diawal bahwasanya gerhana matahari cincin (GMC) hanya dapat di amati oleh beberapa negara saja sementara di Indonesia akan menikmati Gerhana Matahari Sebagian (GM).
 
Dan jika kalian mau menikmati  Gerhana Matahari Sebagian (GMS) sekaligus Gerhana Matahari Cincin (GMC) bersamaan maka yang harus kalian lakukan adalah melihat GMS dan setelah itu pergi ke Negara yang dilintasi oleh GMC sebelum fenomena ini selesai.
 
    Dan untuk lama waktunya Gerhana Matahari kali ini akan berlangsung selama 6 Jam 41 menit 15 detik.
 
 
Pengamatan Gerhana Matahari Sebagian Di Indonesia
    Untuk pengamatan nya dapat dilihat di wilayah-wilayah yang berada pada wilayah bagian utara Indonesia. Dan tentunya fenomena ini tidak dapat diamati dengan mata telanjang dan harus dengan menggunakan alat bantu ya. Dan pastinya mengamatinya di halaman rumah aja ya, jangan ke tempat-tempat wisata, ingat tetap jaga jarak demi mengurangi penyebaran COVID-19.
Penutup
 Nah itulah, informasi mengenai Fenomena Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada bulan 21 Juni 2020 ini. Tetap kunjungi ZONA ANIMASI untuk mendapatkan informasi mengenai Gerhana Matahari serta fenomena alam lainnya
 
Sumber Referensi
AyoBandung
Cnnindonesia
Kompas
LangitSelatan
Wikipedia
 
  • Bagikan