Ilmu Bantu Dalam Astronomi

  • Bagikan
Ilmu Bantu Dalam Astronomi
Images by Idntimes

Ilmu Bantu Dalam Astronomi  Suatu ilmu pada dasrnya tidak bisa berdiri sendiri atau berdiri tunggal, namun memiliki ilmu bantu lainnya, baik dalam penelitiannya maupun dalam  Pengajaranya namun hal ini tidak berlaku dalam ilmu Kalam.
 

Astronomi

    Salah satunya adalah Ilmu Astronomi, Astronomi sendiri adalah cabang ilmu alam yang mempelajari ataupun meneliti mengenai benda langit (Seperti bintang, planet, komet, Asteroid, dll) serta fenomena – fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi (minsalnya radiasi latar belakang kosmik). Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak serta bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.
 
     Seperti yang sudah di singgung diawal bahwa suatu ilmu tidak dapat berdiri sendiri maka hal ini juga berlaku bagi astronomi, nah berikut adalah ilmu bantu dalam astronomi, sebagai Berikut:
 

1. Astrofisika

 ilmu yang mempelajari/menyelidiki tentang benda-benda angkasa, suhu, unsur-unsur penyusun benda angkasa dan atmosfer serta sifat fisik lain.
 

2. Astrometri

     ilmu yang mempelajari tentang posisi atau kedudukan suatu tempat di bumi dan di langit, jarak, ukuran terhadap bumi dan benda angkasa lain.
 

3. Astromekanika,

    ilmu yang mempelajari tentang keadaan gerakan-gerakan, seperti rotasi, revolusi,lintasan benda langit dan hukum-hukum yang mempengaruhi gerakan tersebut.
 

4.Kosmogoni

 ilmu yang mempelajari dan menyelidiki bangun atau bentuk dari perubahan-perubahan alam semesta (jagad raya).
 

5. Kosmografi

adalah ilmu yang mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya). Kajian dari ilmu ini menghasilkan berbagai peta langit maupun bumi.
 
Pengetahuan akan posisi berbagai benda langit yang dipelajari dalam kosmografi dalam bentuknya yang paling awal telah lama dimanfaatkan oleh berbagai bangsa dunia pada masa prasejarah sebagai pedoman navigasi untuk menunjukkan arah atau posisi pengamat; atau sebagai panduan untuk penentuan suatu kegiatan budaya. Sebagai misalnya diberikan dua contoh. Pelaut masa lalu mengandalkan pengetahuan mengenai posisi beberapa rasi bintang sebagai petunjuk untuk memulai suatu perjalanan lewat laut serta untuk menentukan arah. Dukun dari suatu masyarakat agraris akan membaca tanda-tanda di langit dan alam sekitarnya untuk menentukan kapan suatu upacara atau kegiatan penanaman dimulai.
 
Dari pengetahuan mengenai kosmografi-lah berbagai sistem penanggalan dibuat. Ilmu-ilmu modern seperti geografi, geodesi, kartografi, serta astronomi mendapat banyak kontribusi dari kosmografi.
 
Nah itulah daftar ilmu bantu dalam astronomi, tetap kunjungi ZONA ANIMASI. Untuk mendapatkan informasi tentang Luar angkasa lainnya.

  • Bagikan