Untuk Pertama kalinya Ilmuan Menemukan Molekul Oksigen di Luar Bima Sakti ?

  • Bagikan

 
 
 
Hasil gambar untuk Untuk Pertama kalinya Ilmuwan Menemukan Molekul Oksigen di Luar Bima Sakti ?
Ilustrasi oleh Kumparan
Untuk Pertama kalinya Ilmuan Menemukan Molekul Oksigen di Luar Bima Sakti ? – Penelitian dan pencarian planet layak huni selain bumi memang sangat gencar di lakukan oleh para ilmuan ahli astronomi.Penelitian ini bahkan sampai jauh ke luar dari galaksi bima sakti ini.Dan belum lama ini peneliti menemukan molekul-molekul oksigen di luar bima sakti.
   
 Penemuan adanya molekul oksigen ini tidak hanya mengejutkan,akan tetapi juga sangat menarik untuk di pelajari secara mendalam lagi.
 
    Bagi makhluk hidup oksigen memang sangat di butuhkan,karena oksigen merupakan salah satu penunjang kehidupan yang ada di bumi ini.Tidak ada satupun makhluk di dunia ini bisa hidup tanpa adanya oksigen dalam tubuh mereka,atau tanpa adanya oksigen untuk mereka hirup

Penemuan Molekul Oksigen di Galaksi Asing

    Selama ini seperti yang kita ketahui bahwa galaksi bima sakti menjadi satu-satunya galaksi yang memiliki sebuah planet yang layak huni,yakni bumi.Planet ketiga dari matahari ini memang memiliki kandungan oksigen yang sangat besar sehingga mendukung kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya.
 
    Dengan adanya penemuan molekul oksigen ini,tentu saja hal yang pertama kali di pertanyakan adalah,apakah tempat tersebut layak untuk didiami.
 
Ilmuan Menemukan Molekul Oksigen di Luar Bima Sakti
 
Namun terlepas dari semua pertanyaan dan spekulasi yang bertebaran di tengah-tengah masyarakat.Ternyata penemuan molekul oksigen ini menjadi kali ketiga pendeteksian diluar sistem tata surya,jika dikaji dalam lingkup Galaksi Bima Sakti maka penemuan ini adalah yang pertama kalinya.
 

Galaksi Mana sih Yang Memiliki Molekul Oksigen Tersebut ?

    Mengenai galaksi mana yang memiliki molekul oksigen tersebut,awalnya astronot bahwa molekul oksigen tersebut berada di galaksi Orion Nebula.Dugaan ini bukanlah tanpa alasan dimana para peneliti mengipotesa bahwa oksigen dalam wujud es menempel pada debu di antariksa.Namun ternyata anggapan lokasi itu ternyata tidak benar.
 
Hal ini di sebabkan oleh Orion Nebula adalah tempat bintang terbentuk.Dengan demikian,kemungkinan adanya oksigen karena radiasi bintang muda yang panas dengan air justru menyublim dan memecah molekulnya.(dikutip dari HarapanRakyat,Jumat 20/03/2020)
 
Ilmuan Menemukan Molekul Oksigen di Luar Bima Sakti
 
    Guna memastikan lokasi temuan oksigen tersebut,astronom berkebangsaan china,Junzhi Wang yang berasal dari akademi ilmu pengetahuan china langsung melakukan penelitian yang mendalam.Penelitian Junzhi akhirnya membuahkan hasil bahwa oksigen molekular itu berada di Galaksi Markarian 231.
 
Sumber
 
HarapanRakyat 
  • Bagikan