Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil Part 2

 

2. Plintheng

 

Plintheng (Indo: ketapel ) yang kami kenal yaitu sebuah alat mainan untuk melempar batu .
Sebuah plintheng biasanya terbuat dari kayu dengan dua karet ( Jawa: pentil ) yang di ikatkan kekedua sisinya.Alat yang sederhana ini mampu melukai seekor binatang bahkan manusia. Sedang di ujung karet di kasih kulit bekas sepatu atau tas.

 

Jenis - Jenis Mainan Di Masa Kecil

 

Menggunakan plintheng juga sangat mudah tinggal isi dan pasang kerikil tarik dan lepas, semakin kuat dalam menarik maka akan semakin jauh kerikil ini akan terlontar, bahkan bisa ratusan meter. Perlu diperhatikan juga walaupun mudah memakainya kalau kurang hati-hati bisa melukai jempol tangan.
Mainan plintheng biasanya di mainkan oleh anak laki-laki, jika kami mengingat masa kecil dahulu kita sering memainkan mainan seperti ini bersama teman-teman untuk berburu burung dan binatang kecil lainya, tidak hanya itu biasanya di adakan lomba memainkan ketapel siapa dapat mengenai target itulah yang menang, target biasanya sebuah botol atau kaleng.

 

Jenis - Jenis Mainan Di Masa Kecil

 

 

Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil Part 2

Hampir tiap hari waktu kami kecil, berkelana mencari mangsa. Kadang di sawah mencari “emprit” (Indo:pipit ), ciblek atau burung  apa aja. Terkadang pula kami ke”kebon” di sebelah barat dusun kami. Kadang pula sampai dusun tetangga.

Bila ada merpati tetangga dusun yang hinggap di genteng atau biasa di sebut “blandhangan”, kami “plintheng”. Sering pula kami kena marah tetangga karena mecahin genteng tetangga yang kena “plintheng” kami. 😀 
Apabila hari sudah menjelang sore, tidak lupa kami meluncur ke selatan dusun. Untuk apa….???? Ya….untuk mandi di Selokan Mataram. Itulah rutinitas kami setiap hari…

Sekarang anak2 mainanannya apa…..????

 
Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil Part 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: