Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil

 

3. Bedhor

 

Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil – Salah satu jenis mainan waktu kecil kami adalah bedhor. Apa itu bedhor? Bedhor adalah sejenis senjata gabungan dari tembakan dan panah.

Bahan – bahan:

1. Papan kayu yang agak tebal kira2 1cm atau lebih. 
2. Bambu 
3. Karet ban atau bisa juga pentil 
4. Ruji sepeda atau motor 
5. Pipa atau bambu kecil dengan diameter 1,5-2 cm.

Langkah – langkah pembuatan

1. Papan kayu di buat sedemikan rupa, mirip senapan laras panjang. Tergantung kreasi anda.

2. Belah bambu kira2 5mm-7mm ujung di lancipin atau bisa di kasih ruji. Sedang pangkalnya di iris miring untuk nanti sebagai tempat pentil/karetnya.

3. Papan yang sudah berbentuk senapan, ujungnya di kasih pipa yang panjangnya kira2 10cm. Di ikat menggunakan karet ban atau pentil.

4. Masih pada papan. Pada ikatan pentil tadi di kasih lagi pentil sebagai pelontar anak bedhornya. Pentil bisa di kasih 2 atau tiga tergantung selera.

5. Sedang pangkal dari papan yang sudah berbentuk senapan tadi di pasang penjepit anak bedhor. Dengan cara, bilah bambu selebar 2cm dengan panjang 5cm di ikat menggunakan pentil.

Kemudian di tengah bilah yang di ikat tadi di ganjal dengan bilah bambu yang lebih kecil. Sehingga bilah yang diikat tadi akan mirip pengungkit.

Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil

Lalu untuk apa bedhor ???

Bedhor, biasanya buat cari ikan di sungai. Atau hanya sekedar buat adu ketepatan ( jawa:titis-titisan ). Jika musim bedhor, kami beramai-ramai membuat bedhor. Setiap pulang sekolah, kami berpetualang dengan membawa bedhor. Kalau nggak ke kali/sungai ya ke “kalen” (indo:sungai kecil) untuk mencari ikan.

Tidak lupa membawa kaleng yang sudah di beri arang dan di bakar. Untuk pembahasan mainan ini (kaleng pembakar) akan kami sampaikan selanjutnya Insya Allah. Setelah lelah berburu ikan dan mendapat beberapa ikan tak terasa hari sudah mejelang sore. Selanjutnya ikan di bakar bersama2.

Biasanya ikan kami bakar di pinggir sungai menggunaka kaleng pembakar. Setelah beberapa saat ikanpun matang, segera dech kami santap. Sedaaap……. :-). Kemudian kami lanjutkan mandi bersama di sungai.

Begitulah sobat mainan kami waktu kecil. Bermain dan hanya bermain….

 

Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil

 
 
Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil Part 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: