Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil

  Masih ingatkah teman mainan masa kecil dulu ?. Dulu sering kita main dengan mainan sederhana buatan sendiri. Karena memang,belum banyak mainan buatan pabrik. Mainan yang kita buat dengan bahan yang kita cari dari lingkungan sekitar. Walau mainan itu sederhana sekali, namun kita bangga karena dari hasil kreasi kita sendiri. Mari kita flashback ke masa kecil kita dulu. Masa – masa penuh kebersamaan, persahabatan, dan keceriaan. Di sini akan kita sebutkan jenis mainan masa kecil kita dulu beserta keterangannya.

 1. Bedhil Lontok 

 

 Jenis - Jenis Mainan Di Masa Kecil

 

 

 

 Bedhil lontok(bhs Indo : senapan sodok) adalah suatu mainan yang di buat dari bambu. Dengan peluru dari daun,biji-bijian yang kecil,atau dari kertas. Bedhil ini bila di isi peluru kemudian di sodok akan mengeluarkan bunyi “thor”, walau tidak keras.

 Cara pembuatannya : pertama-tama membuat selongsongnya, cari bambu bagian yang pucuk, lurus dan yang jarak antar ruas panjang. Setelah dapat,kemudian dipotong antar ruas kira-kira 30 Cm, jangan ada ruasnya. Kemudian kita membuat penyodoknya. Bambu di belah kira-kira 2,5 cm dengan panjang kira-kira 35 cm. Yang 5 cm dibiarkan lebarnya 2,5 cm,sisanya dibuat lebih kecil kira-kira 7 mm dan ambil di tengah-tengah.

 Cara mengguakannya : peluru di masukkan ke selongsong. Kalau pakai biji-bijian (misal : biji mindi) tinggal masukkan,lalu dorong dengan penyodoknya (jowo:lontok) sampai ke ujung selongsong. Kemudian masukkan lagi peluru ke bagian pangkal. Lalu dorong kuat-kuat,maka peluru yang di ujung akan terdorong keluar dengan mengeluarkan bunyi “thor”.

 

Jenis - Jenis Mainan Di Masa Kecil

 

 

 Kalau peluru menggunakan kertas/koran,maka kertas/ koran tadi di celupin dulu ke air. Tujuannya untuk memudahkan untuk memasukkannya ke selongsong. Namun sebelumnya,ujung penyodok dibuat agak mekar dengan dipukul-pukulkan ke batu atau lantai.

Bersambung ke Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil 2

Jenis – Jenis Mainan Di Masa Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: