Karakteristik emosi dan ekspresi emosi anak

  • Bagikan
Karakteristik emosi dan ekspresi emosi anak

 

Karakteristik emosi dan ekspresi emosi anak – Karakteristik perkembangan emosi pada masa awal anak adalah fase dimana saat ketidakseimbangan dimana anak mudah terbawa ledakan-ledakan emosional sehingga sulit untuk diarahkan. Menurut Hurlock perkembangan emosi ini mencolok pada anak usia 2,5 th – 3,5 thn dan 5,5 thn – 6,5 thn.

Emosi Anak

Ciri utama karakteristik emosi pada anak  :

1.       Reaksi emosi anak sangat kuat. Dalam hal kekuatan, makin bertambahnya usia anak, dan semakin bertambahnya matangnya emosi anak maka anak akan semakin terampil dalam memilih kadar keterlibatan emosionalnya.
2.       Reaksi emosi anak mudah berubah dari satu kondisi ke kondisi lain. Emosi bersifat sementara,Peralihan yang cepat pada anak-anak kecil dari tertawa kemudian menangis, atau dari marah ke tersenyum, atau dari cemburu ke rasa saying
3.      Emosi dapat diketahui melalui gejala perilaku
Anak-anak mungkin tidak memperlihatkan reaksi emosional mereka secara langsung, tetapi mereka memperlihatkannya secara tidak langsung melalui kegelisahan, melamun, menangis, kesukaran berbicara, dan tingkah yang gugup, seperti menggigit kuku dan mengisap jempol.
4.      Emosi seringkali tampak
Anak-anak seringkali memperlihatkan emosi yang meningkat dan mereka menjumpai bahwa ledakan emosional seringkali mengakibatkan hukman, sehingga mereka belajar untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang membangkitkan emosi. Kemudian mereka akan berusaha mengekang ledakan emosi mereka atau bereaksi dengan cara yang lebih dapat diterima.
Anak mengkomunikasikan emosi melalui verbal, gerakan dan bahasa tubuh. Bahasa tubuh ini perlu kita cermati karena bersifat spontan dan seringkali dilakukan tanpa sadar. Dengan memahami bahasa tubuh inilah kita dapat memahami pikiran, ide, tingkah laku serta perasaan anak. Bahasa tubuh yang dapat diamati antara lain :

 

  • Ekspresi wajah 
  • Napas  
  •  Ruang
  • gerak,
·         gerakan tangan dan lengan
Keadaan anak dapat dikenali melalui gejala tingkah laku yang ditampilkan, missal kan:

 

  1. Cemas      :  murung, diam, keringat dingin, lari menjauh
  2. Senang     : Senyum-senyum, mengeluarkan bunyi-bunyi, bergumam,menyanyi, membelai, mengelus, memeluk, mencium
  3. Takut          :  Mengkeret, wajahnya mengerut,  berteriak-teriak
  4. d.              Marah       :  Gregetan seperti mau melawan,  berteriak ”tidak!”, menyakitidiri sendiri, menangis.
  5. Kesal           :  Menggigit, menjambak,  membanting barang ke lantai,mengangkat barang dengan satu tangan
  6. Sedih          :  Murung, tidak mau  makan, melempar-lempar piring.
  7. Kecewa   : Murung, wajah melas,
 
 
Sumber
 Amisisiliasari, blogspot,com
  • Bagikan