Mengenal Hewan Pterosaurus, Sang Penguasa Langit Purba

  • Bagikan
 

Mengenal Hewan Pterosaurus

Mengenal Hewan Pterosaurus, Sang Penguasa Langit Purba  Pterosaurus memiliki arti “ Kadal Bersayap”, mereka adalah suatu jenis “Reptile Terbang”, dari cabang atau ordo Pterosaurus yang telah punah. Reptile terbang ini hidup dari akhir trias sampai akhir masa kapur atau sekitar 228 sampai 66 juta tahun yang lalu. Banyak orang yang salah kaprah mengenai makhluk yang satu ini, pasalnya banyak yang mengira bahwa hewan ini termasuk ke dalam kelompok Dinosaurus namun hal itu tidak lah benar.
    Menurut Wikipedia, secara ilmiah sebenarnya Pterosaurus, tidak lah termasuk kedalam dinosaurus. Karena istilah dinosaurus ini terbatas hanya pada reptile yang di turunkan dari nenek moyang terakhir kelompok Saurischia dan Ornithischia  ( cabang dinosaurus, yang mencakup burung), dan saat ini secara konsensus ilmiah bahwa kelompok ini tidak termasuk pterosaurus, dan juga berbagai kelompok dari reptil laut yang telah punah, seperti ichthyosaurus, plesiosaurus, dan mosasaurus
 
Hewan Pterosaurus

Ciri-Ciri Fisik Dari Pterosaurus

    Seperti yang sudah di singgung di atas bahwa Pterosaurus termasuk kedalam hewan Vertebrata atau hewan yang memiliki hewan tulang belakang, pertama yang memiliki kemampuan terbang yang kuat. Dimana sayap dari hewan ini di bentuk oleh selaput kulit, otot, dan jaringan lain yang secara cepat ataupun lambat akan tetap memanjang ke empat jarinya.
    Spesies awal dari hewan ini memiliki panjang, rahang bergigi serta sebuah ekor panjang, sementara untuk bentuk selanjutnya justru memiliki ekor yang sangat kecil serta beberapa gigi yang berkurang. Untuk badanya sendiri ditutupi oleh  mantel berbulu yang terbuat dari filament seperti rambut yang di kenal sebagai pycnofibers, yang menutupi tubuh dan bagian sayapnya.

Hewan Pterosaurus

Penyebaran Serta Punah nya Hewan Pterosaurus

    Hewan Pterosaurus ini merupakan kelompok hewan purba yang tergolong kedalam hewan yang Kosmopolitan atau tersebar luas di seluruh dunia. Dengan begini Pterosaurus tersebar di seluruh penjuru dunia.
    Bangsa dari Pterosaurus ini muncul dan punah di waktu yang bersamaan dengan bansa dinosaurus. Mereka menguasai langit bumi selama 162 juta tahun lamanya. Dengan waktu hidup yang sangat lama ini, membuktikan bahwa mereka tergolong kelompok makhluk hidup yang sukses.
 

Penemuan Fosil Dari Pterosaurus

    Penemuan pertama pada hewan yang satu ini terjadi pada tahun 1784 di Bavaria, Jerman. Pada awal penemuannya para ilmuan mengira bahwa hewan ini adalah hewan akuatik, dimana mereka mengira sayap dari hewan ini berfungsi sebagai sirip. Spesimen ini kemudian dinamakan Pterodactylus. Nah, dari sinilah awal mula nama pterodactyl berasal.
    Selain itu hewan purba ini juga pernah di temukan di wilayah Australia serta hewan ini juga pernah di temukan di wilayah cina.
 
Nah itulah informasi mengenai hewan purba yang menguasai langit purba ini. Tetap Kunjungi ZONA ANIMASI, untuk mendapatkan informasi mengenai hewan purba lainnya.
  • Bagikan