Mengenal keunikan Planet Bola Mata

  • Bagikan

Mengenal keunikan Planet Bola Mata

 

Planet Bola Mata

ZONA ANIMASI  Sebenarnya dialam semesta yang luas ini banyak sekali planet-planet dengan bentuk yang unik sekali. Contohnya saja Planet Saturnus dimana planet ini berbentuk seperti memiliki sebuah cincin yang melingkarinya, serta planet venus yang memiliki rotasi yang berbeda dari planet lainnya. Tapi pernah nggak sih kalian membayangkan sebuah planet yang berbentuk seperti sebuah mata ?.
 
    Ya planet yang memiliki bentuk yang unik ini, menurut para ilmuan terdapat sebuah planet sejenis Eksoplanet yang penampakannya seperti sebuah bola mata manusia.
 
    Meski begitu, pada kenyataanya planet ini tidak seaneh namanya kok. Dimana sebenarnya penampakan planet unik ini berhubungan dengan punguncian pasang surut yang terjadi pada planet mata ini.
 
    Penguncian Pasang surut ini adalah suatu fenomena yang terjadi dimana benda yang mengorbit, berputar pada tingkatan yang sama dengan objek yang di orbitnya. Artinya, ia selalu memiliki sisi yang selalu menghadap ke benda langit lainnya. Atau bisa di bilang planet itu tidak memiliki rotasi nya dan hanya melakukan revolusi pada bintang nya saja.
 
 
planet Bola mata
 
    Dan kalau kita melihat bumi kita ini, maka bumi kita ini tidak lah terkunci kepada bintangnya (Matahari). Hal inilah yang menyebabkan kita memiliki siklus siang dan malam. Namun ada planet di luar tata surya ini   yang terkunci kepada bintang-bintang mereka, yang salah satunya adalah planet bola mata ini. Dengan ini, berarti satu sisinya selalu mengalami siang hari, sementara sisi lainnya memiliki malam abadi.
 
    Dengan kedaan yang seperti ini maka setiap sisi memiliki keadaan yang sangat berbeda, dimana bagian yang selalu menghadap kebagian matahari atau yang mendapat cahaya matahari akan seperti terbakar, serta sangat kering akibat dari radiasi Bintangnya, yang berbeda dengan sisi yang tidak mendapatkan cahaya bintangnya, dimana sisi ini akan sangat dingin atau bahkan di penuhi oleh es serta sangat gelap sekali. Inilah salah satu hal yang membuat planet ini menjadi sangat unik. Dan di lintang tertentu akan sangat terlihat sekali batas antara daerah dingin dengan daerah panas nya.
 
    Pernyataan ini selaras dengan pendapat Seorang Astronom bernama Sean Raymond. Menurutnya, planet bola sangat dingin, tapi juga memiliki wilayah sedingin es.
 
    “Sisi planet bola mata yang sangat panas dan dingin merupakan kasusu ekstrim. Namun, planet manapun yang terkunci pasang surut dengan bintang memang memiliki dua sisi siang dan malam yang berbeda”,papar Raymond seperti dilansir dari National Geographic pada  sabtu,(25/04/2020).
 
    “Perbedaan tersebut mungkin berasal dari awan yang terkumpul di area tertentu,mulai dari pencairan es prefensial di sisi siang hari atau pembekuan es disisi malam,” Tambahnya.
 
planet Bola mata

Kemungkinan Bisa Menampung Kehidupan

    Seperti yang sudah di bahas diatas bahwasanya planet ini dibagi atas dua sisi, yakni sisi panas dan dingin. Dimana sisi panas berarti sisi tersebut menghadap kea rah bintang nya sementara sisi yang dingin berlawanan arah dengan bintangnya.
 
    Menurut Wikipedia, ternyata planet yang seperti ini memungkinkan terjadinya kehidupan lo. Jadi mau nggak tinggal disana. Satu sisi seperti es sisi lain adalah daerah yang sangat panas. Dikutip pada 25 April 2020.
 
Nah itulah informasi mengenai Planet bola mata lengkap dengan keunikan serta potensi kehidupannya.
 
    Tetap kunjungi ZONA ANIMASI untuk mendapatkan informasi mengenai alam semesta lainnya, serta informasi yang sangat bermanfaat bagi para pembaca semua.
  • Bagikan