Mengerikan, Berikut Sejarah Munculnya 5 Hantu Populer di Indonesia

  • Bagikan

sejarah munculnya hantu populer di indonesisa

Hantu atau makhluk halus ialah makhluk yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan orang Indonesia. Tiap wilayah tentu mempunyai narasi mengenai makhluk mengerikan ini mulai dimana tempat tinggalnya, apa makanannya, bagaimana wujudnya, serta bagaimana mereka dapat ada serta pada akhirnya jadi hantu serta menakuti manusia yang berada di sekelilingnya.

Bicara hantu dapat membuat kita jadi takut. Tetapi tidak ada kelirunya pelajari riwayat dari timbulnya hantu ini. Dikutip dari beberapa sumber, di bawah ini riwayat timbulnya 5 hantu yang populer di Indonesia.

1. Pocong 

Pocong ialah hantu yang benar-benar umum dikisahkan oleh beberapa orang yang berada di Indonesia. Hantu yang berbentuk manusia dengan badan dibungkus kain kafan ini sering ada serta mengganggu beberapa orang.

Makhluk halus ini senang ada di tepi jalan, di dekat pohon pisang sampai di kuburan yang mempunyai banyak pohon-pohon besar.

Konon pocong ada dari jenazah yang dikuburkan tetapi tali kafannya tidak terlepas. Hantu ini ada untuk memberitahu bila ada kekeliruan dalam pemakaman.

Makhluk ini berdasar narasi yang lain datang dari mereka yang lakukan sumpah pocong. Kebohongan sumpah yang mereka kerjakan pada akhirnya mengutuk mereka jadi pocong sungguhan serta bergentayangan di alam bebas hingga sering tuntut balas pada manusia.

2. Tuyul 

Pamor dari tuyul tinggi sekali di Indonesia. Makhluk gaib yang diketahui senang mengambil uang ini konon sering dijaga oleh beberapa orang yang ingin kaya.

Mereka akan memerintah tuyul ini untuk mengambil uang dari beberapa orang yang berada di sekelilingnya. Tuyul akan memberi semua hasil curiannya pada majikannya supaya dikasih imbalan yang terkadang macamnya aneh-aneh.

Menurut narasi yang tersebar, tuyul adalah hantu yang datang dari bayi yang mati muda. Contoh bayi yang menyengaja digugurkan sebab tidak diharapkan oleh orang tuanya.

Tuyul datang dari bayi yang menyengaja jadikan ritual untuk mengubah mereka jadi hantu pencuri ini. Oh iya, tidak hanya di Indonesia, tuyul ada juga di Thailand serta negara Asia yang lain.

3. Kuntilanak 

Makhluk astral berbentuk wanita ini sering ada dengan rambut panjang serta pakaian serba putih (terkadang merah atau hitam). Kuntilanak sering menangis atau ketawa dengan suara melengking di atas pohon atau rumah angker.

Makhluk ini seringkali dengan menyengaja memperlihatkan diri serta bertindak mengerikan seperti mengganggu serta memburu siapapun yang melalui didepannya.

Terdapat beberapa narasi yang mengatakan mengenai asal mula kuntilanak. Narasi pertama mengatakan bawah hantu ini ada dari wanita hamil yang wafat sebelum anaknya lahir atau wafat waktu anaknya lahir.

Narasi yang lain menjelaskan jika mereka ada sebab waktu muda dibunuh oleh seorang lantas mayatnya dibuang serta tidak dikuburkan secara baik. Oh iya, kuntilanak benar-benar terobsesi dengan beberapa anak sebab memandang mereka seperti anaknya sendiri.

4. Wewe Gombel 

Makhluk gaib ini menurut narasi yang tersebar, wafat bunuh diri sebab didakwa sudah membunuh suaminya sendiri. Wewe gombel menyangka suaminya berselingkuh dengan wanita lain, sebab dia tidak dapat memberi anak pada suaminya.

Dia selanjutnya membunuh suaminya sendiri, lantas jadi edan seperti gembel. Lantas kenapa diberi nama wewe gombel?

Dalam adat jawa, wewe gombel bermakna roh jahat atau makhluk halus yang menyukai menculik beberapa anak. Narasi yang lain mengatakan jika nama wewe gombel datang dari wilayah tempat cerita wewe gombel muncul, yaitu di daerah Gombel kota Semarang.

Berita yang lain menjelaskan Wewe Gembel masih besanan dengan Genderuwo, jika Wewe Gembel sejenis betina sedang Genderuwo ialah pejantan.

Makhluk menakutkan ini tidak cuma diketahui senang mengencingi mata manusia, konon ia suka juga ‘ngumpetin’ beberapa anak kecil yang masih berkeliaran pada malam hari.

5. Genderuwo 

Tidak hanya pocong, genderuwo adalah hantu yang umum didapati di Indonesia. Hantu ini berbentuk raksasa dengan badan penuh bulu berwarna hitam.

Berdasar narasi yang tersebar di warga, Genderuwo ialah makhluk gaib yang telah ada demikian saja semenjak manusia berada di bumi. Tetapi, beberapa opini menjelaskan jika makhluk ini datang dari manusia yang wafat dengan tidak lumrah.

Arwah mereka tidak tenang di alam baka hingga makin lama jadi makhluk yang mengerikan. Umumnya Genderuwo hidup serta tinggal di lokasi rimba yang banyak pohon-pohon atau di dekat sungai.

  • Bagikan