Mengungkap MIsteri Hantu Kakek Sarung, Urban Legend Masyarakat Medan Bikin Merinding

  • Bagikan

misteri kakek sarung

Misteri Kakek Sarung, Hantu Melegenda yang Buat Masyarakat Medan Merinding – Indonesia memang demikian kaya cerita mistis. Dari jaman leluhur kita dahulu, banyak cerita-cerita misteri yang di turunkan dengan turun-temurun. Sebutlah saja cerita si Sundel Bolong yang konon dapat balik jadi manusia bila kepalanya dipaku. Ada pula narasi pernikahan manusia dengan kuntilanak yang konon dapat buat kaya tiba-tiba. Walau hanya mitos, tetapi kenyataannya narasi itu terlanjur terkenal di golongan warga.

Lain wilayah, umumnya lain juga ceritanya. Di wilayah Medan, mungkin telah akrab dengan nama hantu ‘Kakek Sarung’. Dikisahkan Kakek Sarung ini adalah figur tua mistis yang dapat menjemput nyawa siapapun. Intimidasi ini serta telah menebar, sampai orang di luar Medan juga tidak asing dengan makhluk mistis itu. Seperti apa sebetulnya si Kakek Sarung?

Diakui jika sarung itu adalah kafan 

Bermula dari kota Binjai serta Medan. Warga banyak yang dibikin merinding dengan adanya banyak narasi yang tersebar, tentang seorang kakek tua renta yang berkeliling-keliling dengan tampilan memilukan. Kakek ini terkadang minta-minta, apabila ada orang yang memberi sedekah, karena itu si kakek akan memberi sarungnya pada si pemberi. Ada juga yang menerangkan jika si kakek akan jual sarungnya pada harga yang benar-benar murah. Konon, siapa saja yang sentuh sarung itu akan meninggal—kecuali si kakek tentunya. Kain sarung itu nyatanya ialah kain kafan, demikian kata beberapa orang di Medan.

Konon, si kakek ialah pelacak tumbal pengetahuan hitam 

Banyak yang yakin jika kakek ini berjalan kaki dari Binjai sampai Medan cuma untuk memperoleh banyak tumbal. Konon, kakek ini ialah pemakai pengetahuan hitam. Warga Medan awalnya sama-sama memperingatkan untuk waspada, sebab disebutkan jika korbannya telah sangat banyak, di jalan Diski, Mistar, serta Sunggal. Karena itu, warga sering diwanti-wanti tidak untuk membuka pintu untuk kakek yang umumnya hadir di jam 03.00 pagi hari, jam 16.00 sore, sampai ba’da magrib.
Ketakutan warga setiap bertemu kakek tua

Walau banyak yang memandang bila cerita mistis itu cuma mitos, tetapi beberapa warga ada yang akui betul-betul dikunjungi oleh seorang kakek tua yang bawa sarung. Menurut dia, si pria renta itu mendatangi seputar tempat kosnya di wilayah Mencirim yang tawarkan sarung. Tetapi, sebab ia menampik penawaran itu, si kakek juga pergi demikian saja. Entahlah figur itu ialah kakek yang disebut, atau cuma kebetulan berjumpa dengan pria dengan beberapa ciri yang seperti.

Narasi mengerikan cuma mitos 

Seperti hantu-hantu Indonesia lainnya, kehadiran Kakek Sarung pun tidak dapat betul-betul dilihat oleh warga. Sebagian besar menjelaskan cuma dengar narasi dari orang lain. Serta, ada pula yang mendapatkan berita itu dari BC BBM yang menyengaja disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Walhasil, hoaks itu sukses menebar, serta infonya membuat gempar semua medan. Tidak sedikit yang merasakan ketakutan serta jadi paranoid saat berjumpa dengan pria renta, serta sedapat mungkin mereka menghindarkan bila berjumpa dengan pria tua—apalagi yang menggunakan sarung.

Misteri Kakek Sarung, si pemilik pengetahuan hitam yang sering pencabut nyawa orang untuk tumbal memang dapat dibuktikan cuma mitos. Narasi yang semakin bertumbuh karena tehnologi smartphone yang menyerbarkan rumor secara cepat. Dari cerita ini, mudah-mudahan kita dapat belajar tidak untuk gampang yakin pada berita yang disebarkan, lebih dari sumber yang kurang dapat diakui.

  • Bagikan