Misteri Galaksi Berbentuk X

  • Bagikan

Misteri Galaksi Berbentuk X
 

Misteri Galaksi Berbentuk X

ZONA ANIMASI  Pada kali ini kami akan membahas masalah misteri sebuah galaksi yang berbentuk X. Pasti pada aneh kan kok ada galaksi berbentuk X. Lantas bagaimana Misteri Galaksi berbentuk X ini. Ok langsung saja ke pembahasannya, oh ya saran kami bacalah sampai habis agar lebih paham ya .
    Sebuah kerjasama yang dilakukan oleh peneliti dari Amerika Serikat dengan Afrika Selatan, menerbitkan sebuah gambar yang memperlihatkan sebuah galaksi yang berbentuk X. Gambar galaksi berbentuk X ini merupakan gambar terbesar yang pernah ditemukan peneliti saat ini. 
 
     Menurut hasil dari penelitian yang dilakukan ini, ternyata gambar itu berasal dari Galaksi PKS 2014-55.
 
    Gambar-gambar yang menakjubkan tersebut diambil dengan  memanfaatkan Teleskop MeerKAT 64-antena di Afrika Selatan, oleh tim peneliti Internasional  dibawah pimpinan Bill Cotton dari US National Radio Astronomy Observatory. Tim ini ternyata juga pernah mengambil secara rinci gambar dari Galaksi PKS  2014-55 tahun lalu. Sebagai bagian dari Proyek Evolutionary of the Universe  namun di bawah pimpinan Ray Norris seorang ahli Astrofisi
 
    “MeerKAT dirancang untuk menjadi yang terbaik dari jenisnya di dunia. Sungguh luar biasa melihat bagaimana kemampuan uniknya berkontribusi dalam menyelesaikan pertanyaan lama terkait dengan evolusi galaksi”, kata Dr. Bernie Fanaroff , seorang astronom dari South African Radio Astronomy Observatory (SARAO) yang tergabung dalam penelitian (Dikutip dari m.hitekno.com, pada Jumat/15/05/2020)
 
    Sebenarnya hampir semua Galaksi yang ada di alam semesta ini memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Dalam galaksi aktif, pancaran kuat partikel bermuatan dapat muncul dari area di sekitar Supermassive black hole.
 
    Para astronom percaya bentuk fenomena ini muncul karena partikel bermuatan electron bertenaga jet kemungkinan muncul dari area di sekitar lubang hitam supermasif sehingga mengarah berlawanan dan membentuk “X”. Dikutip dari Detiknet , Jumat (15/5/2020).
 
    Temuan ini akan dipublikasikan dalam jurnal Royal Astronomical Society dan menarik untuk dikulik lebih jauh. Galaksi PKS 2014-55 sendiri terletak 800 juta tahun cahaya dari Bumi. Demikian dikutip dari Science Alert dilansir dari Detiknet pada, Jumat (15/05/2020)
 
 Tetap kunjungi ZONA ANIMASI untuk mendapatkan informasi mengenai alam semesta lainnya.
 
Sumber Bacaan :
Detiknet
Hitekno
Republika
 
   
  • Bagikan