Nasa Temukan Planet Mirip Bumi, Layakkah Untuk Di Huni ?

  • Bagikan

 

Nasa Temukan Planet Baru Mirip Bumi, Layakkah Untuk Di Huni ?

 

Nasa Temukan Planet Mirip Bumi, Layakkah Untuk Di Huni ? – Pencarian mengenai Planet  selain bumi yang layak di huni umat manusia memang sudah lama di lakukan, sudah banyak sekali planet di temukan yang berpotensi layak di huni manusia namun ada saja hal yang membuat planet tersebut gugur sebagai planet layak huni. Dan belum beberapa lama ini, bidang sains astronomi lagi-lagi di hebohkan dengan penemuan planet baru yang memiliki nama Kepler-1649c.
 
    Penemuan planet mirip bumi ini sebagai akibat dari penyisiran terhadap data-data yang dimiliki oleh teleskop kepler yang buah dari penyisiran tersebut ialah teleskop ini menemukan Exoplanet atau planet di luar tata surya yang memiliki kemiripan dengan bumi kita ini. Sebelum teleskop ini kehabisan bahan bakarnya dan berhenti beroperasi pada 2018 lalu.

Planet Mirip Bumi

    Menurut sumber yang berhasil kami kumpulkan Planet yang memiliki nama Kepler-1649c ini, memiliki jarak 300 tahun cahaya dari bumi. Selain itu pihak Nasa juga menyebutkan, ketimbang ribuan exoplanet lain yang berhasil di temukan oleh Kepler, planet ini memiliki ukuran dan suhu yang di anggap paling menyerupai bumi.
 
Nasa Temukan Planet Mirip Bumi
 
    Selain itu menurut Liputan6 planet ini disebut-sebut terletak di zona bintang layak huni, sebuah wilayah yang kemungkinan ada sumber air nya.
 
    Namun walaupun di gadang-gadang kemungkinan memiliki air di dalam nya. Planet ini memiliki keunikannya yakni, secara ukuran , planet yang berada di luar tata surya kita ini sedikit lebih besar jika di bandingkan dengan bumi. Selain itu planet ini juga menerima sekitar 75 persen dibandingkan  cahaya yang di terima bumi dari matahari. Dengan demikian, planet ini di perkirakan memiliki suhu yang tak jauh berbeda dengan suhu yang terdapat di bumi kita ini.
 

Apakah Layak Untuk Di Huni Manusia ?

    Melihat kemiripan dari segi ekosistem tersebut berarti memungkinkan nya planet tersebut untuk di tinggali manusia. Berarti planet tersebut bisa jadi tempat tinggal manusia layaknya bumi.
 
    Penemuan planet Kepler-1649c juga berarti memungkinkan keberadaan habitat tetangga bumi yang bisa menjadi sumber data dalam meneliti bumi lebih lanjut.
 
    Ini juga menjadi aspek penting kaitannya dengan adanya kehidupan manusia atau makhluk lain di alam semesta.
 
    Serupa dengan komentar Vanderburg, salah satu personil bagian peneliti antariksa NASA, Thomas 
Zurbuchen juga menganggap penemuan planet ini sangat baik.
Pasalnya, semakin jauh kita dapat mengerti tentan antariksa, maka semakin tinggi harapan menemukan bumi kedua ( seperti di lansir dari harapanRakyat,com, selasa 21 April 2020)
 
Nasa Temukan Planet Mirip Bumi
 
    Terlepas dari semua pemaparan yang telah kami paparkan untuk anda semua, penemuan planet Kepler-1649c ini merupakan salah satu prestasi para peneliti dalam bidang antariksa yang di harapkan para peneliti dapat menemukan planet lainnya di alam semesta yang luas ini tentang planet yang layak huni oleh manusia. Dan untuk planet Kepler-1649c ini masih perlu di lakukan penelitian yang mendalam yang pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, jadi di harapkan untuk para pemirsa semuanya untuk sabar menunggu kabar dari para peneliti mengenai hasil penelitian mereka soal planet ini.
 
    Nah itulah sederet informasi mengenai Penemuan planet baru yang di gadang-gadang layak di huni oleh manusia, tetap kunjungi ZONA ANIMASI untuk mendapatkan informasi tentang astronomi lainnya.
 
    Kami dari ZONA ANIMASI mengimbau untuk para pembaca agar tetap dirumah demi mengurangi penularan COVID-19 ini. Walaupun di rumah anda dapat mengunjungi web kami agar mendapatkan informasi menarik lainnya
 
#StayatHomeWithPudji’sInfo
 
Sumber:
Liputan6
HarapanRakyat
  • Bagikan