Perkembangan Game Java Jaya Pada Tahun 90an

  • Bagikan
Perkembangan Game Java Pada Zamannya

 

Perkembangan Game Java Pada Zamannya – Bagi kalian yang angkatan 90an dan sekarang sudah berumur 20tahun an maka kalian pasti pernah merasakan banyak nya game-game yang ada embel-embel Java, terutama di hp-hp yang ada kamera nya,Ya pada masa itu sangat banyak sekali game game dengan java.

Perkembangan Game Java

Sebenarnya perkembangangan Game Java ini berjalan beriringan dengan berkembangnya industri ponsel di awal tahun 2000-an. Jika kalian masih ingat juga dulu banyak sekali game Java yang diiklankan melalui TV Swasta seperti game Assassin’s Creed dan Asphalt. Sebenarnya pada saat itu untuk mendapatkan berbagai game Java ini kita harus membelinya secara legal, tapi ketika itu juga kita tidak terlalu mengetahui bahwa game itu harus kita beli. Terlebih, dengan adanya waptrick atau server indonesianya gratisindo.com kita bisa download berbagai game Java sesuai sesuka hati tanpa biaya sedikitpun kecuali biaya internet pada waktu itu yang terbilang sedikit mahal.

Terus kenapa game java pada saat itu sangat berkembang pesat ?

Sebenarnya perkembangan game Java ini hampir sama dengan perkembangan game mobile di android dan iOS pada saat ini. Yang  Pada intinya orang-orang cenderung ingin menghibur diri (termasuk bermain game) dimanapun dan kapanpun tanpa ada batasan. Jadi berkembang pesatnya industri game mobile pada saat ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh berkembangnya game Java pada awal dekade 2000-an.

 

Penyebab Game Java Jaya

Salah satu penyebab game Java ini sangat jaya pada saat itu adalah,semua ponsel yang memiliki sistem Java bisa memainkan semua game Java, tanpa harus dibatasi oleh spesifikasi seperti sekarang ini. Misalnya ketika anda mau memainkan game seperti PUBG dan Mobile Legend maka min anda harus memiliki hp dengan RAM 3+,dibawah itu anda akan kesulitan bahkan terkesan lemot dalam memainkan nya.Namun walaupun demikian Satu-satunya penghalang pada saat itu adalah beragamnya resolusi layar yang disematkan diberbagai ponsel. Terkadang jika kita salah men-download versi game-nya dan tidak cocok dengan layar ponsel kita, game-nya akan terlihat tidak full screen atau malah terlalu zoom.

Misalnya adalah game KingKong jika anda memainkan nya di hp dengan dengan layar kecil maka anda hanya akan melihat gambar KingKong nya aja tanpa melihat map secara full.

Banyak sekali game Java yang dikeluarkan oleh berbagai Developer pada saat itu, mereka seolah tidak peduli jika game mereka dibajak dan diedarkan secara gratis. Yang sangat berbeda dengan beberapa Developer saat ini yang jika game berbayar nya di download secara gratis maka bisa-bisa game nya langsung dia tarik atau istilah kerennya Developer nya baperan.

Keunggulan Game Java

Salah satu keunggulan game Java adalah sangat ringan, ukuran game nya saja jarang sekali ada yang mencapai 5 Mega Byte, bahkan untuk tipe hp low end, ukurannya bisa diperkecil lagi sampai beberapa ratus Kilo Contohnya adalah ketika anda mau memainkan game Iron Man yang saat itu hanya bersize 200kb aja loo,ukuran yang sangat kecil untuk game yang genre berpetualang action.

Dan keunggulan lainnya adalah hampir semua game Java ini bisa dimainkan (playable) dan sangat seru untuk dimainkan, jarang sekali ditemui game Java yang cacat. Serta banyak juga game yang bisa dimainkan secara multiplayer alias dengan banyak pemain tanpa harus ada koneksi internet. Hanya dengan koneksi bluetooth saja kita bisa bermain game bersama dengan teman-teman kita.

 

Sumber bacaan

UcNews

  • Bagikan