Wilayah di Indonesia Ini Akan Dilintasi Gerhana Matahari Cincin Pada 2019 !

  • Bagikan

Gerhana marahari cincin
ZONA ANIMASI – Menurut perkiraaan para ahli maka pada tanggal 26 Desember 2019 nanti beberapa bagian di bumi akan melihat Fenomena super langka yakni gerhana matahari.Gerhana matahari adalah suatu peristiwa alami dimana Matahari,Bulan,dan Bumi tepat segaris dan saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada Piringan Matahari.Akibatnya,saat puncak gerhana,Matahari akan tampak seperti cincin,yaitu gelap di bagian tengah nya dan terang di bagian pinggirnya.
Wilayah yang dapat melihat gerhana Matahari Cincin (GMC)
photostudio 1576950801396
    Walaupun Peristiwa dan super langka dan sangat sayang bila di lewati.Namun, nyatanya Gerhana Matahari Cincin (GMC)hanya melintasi sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan.Diantaranya adalah sebahagian wilayah Aceh,Sumatera Utara,Sumatera barat,Riau,Kalimantan utara dan Kalimantan Timur saja.Dan selain wilayah yang di sebutakan di atas Cuma bisa menikmati Gerhana matahari Sebagian (GMS).
    Selain di Indonesia ternyata Gerhana Matahari Cincin juga melintasi beberapa Negara di dunia,yakni nya Arab Saudi,Qatar,Uni Emirat Arab,Oman,India,Srilangka,Samudera Hindia,Singapura,Malaysia,Dan samudera pasifik.dan sebagian sedikit Afrika bagian timur (di kutip 21 Desember 2019,BMKG)

    Di Indonesia sendiri,puncak Gerhana Matahari cincin akan di mulai dari sabang,Aceh, pada pukul 10.03,11,9 WIB.untuk merauke,Papua akan terjadi sekitar pukul 14.37,10,4 WIT.
    Sedangkan untuk puncak Gerhana Matahari Cincin paling awal di sabang,Aceh terjadi pada pukul 11.49,32,9 WIB.Puncak paling akhir terjadi di jayapura yang terjadi pada pukul 15.51,19,7 WIT.
Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),Memperdiksi bahwa daerah yang menjadi lokasi paling ideal untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah Kabupaten Siak,Riau.
Persiapan Melihat Fenomena Cincin Api Ini
    Fenomena Gerhana Matahari Cincin memang merupakan sebuah fenomena alam yang sangat langka dan akan mengasikkan jika kita dapat melihatnya.Namun,yang perlu pembaca ingat adalah jangan pernah sekali-sekali melihat fenomena ini dengan mata telanjang tanpa adanya alat khusus atau alat bantu.Karena hal itu dapat merusak mata anda jika anda tidak memakai alat khusus atau alat bantu.
Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019,Memberikan Dampak Negatif Pada Bumi ?
    Tak hanya menakjubakan dan indah,namun ternyata Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019 juga memberikan dampak negative bagi bumi kita ini.
    Mengutip dari CNET,salah satu dampak yang cukup kuat yang akan di rasakan adalah adanya gangguan pada gravitasi atau medan magnet Bumi.Pasalnya,gerhana tersebut menghambat pemanasan dan ionisasi pada lapisan ionosfer atmosfer bumi
    Namun sayangnya tidak di jelaskan secara pasti bagaimana pergerakan Bumi akan terganggu dengan Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019 mendatang.Dan jika mengenai dampak seperti apa yang akan terjadi,nantikan aja hingga pada hari H nya ya.
Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC)
Di Indonesia sendiri,akan sangat banyak sekali lembaga dan komunitas astronomi yang akan melaksanakan pengamatan GMC di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh wilayah yang di lintasi GMC,dan Masyarakat dapat ikut menyaksikan peristiwa menarik tersebut.Tim PUDJI’S INFO akan melakukan ekspedisi GMC ke Padang,Sumatera Barat dan akan melakukan pengamatan di daerah Pantai Taplau di Tugu Merpati Perdamaian, bersama dengan para pengunjung disana.
    Nah itulah informasi mengenai Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019.
Walaupaun fenomena yang langkah tapi jangan lupa utamakan keselamatan Ya Viewers.

Sumber Bacaan:
-BMKG,go,id
-LangitSelatan,com
-Tekno.Tempo.com
-M.liputan6,com
-amp.Hitekno,com
  • Bagikan